Hari Paru Sedunia 2018 Diperingati RSUP Prof Kandou

0
141
MANADO-Hari Paru Sedunia (World Lung Day) yang diperingati setiap 25 September, disemarakkan juga oleh RSUP Prof Kandou.
Momen ini pun dimanfaatkan Divisi Pulmonologi Bagian Penyakit Dalam bekerjasama dengan Instalasi Promosi Kesehatan untuk mengadakan penyuluhan kesehatan tentang penyakit paru.
Dalam pemaparannya, dr Julia Cornelia Lombo SpP(K) turut menjelaskan pencegahan penyebaran dan pengobatan penyakit TBC.
Para pengidap TBC disarankannya supaya tidak meludah di sembarangan tempat, serta menutup mulut pada waktu bersin atau batuk.
“Selama masa pengobatan tidak boleh terputus konsumsi obat sampai benar-benar sembuh,” ucap dr Julia, yang juga memberikan jawaban dan solusi dari sejumlah pertanyaan yang diajukan pengunjung RSUP Prof Kandou.
Di bagian akhir penyuluhan, tim Promkes yang dipimpin dr Ivonne Rotty MKes melakukan demo cara mencuci tangan yang baik dan benar.

World Lung Day 2018-540x540

Sementara itu, Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Prof Kandou dr Celestinus Eigya Munthe SpKJ MKes memberikan apresiasi atas terselenggaranya penyuluhan di tengah peringatan Hari Paru Sedunia 2018.
“Kiranya pengunjung RSUP Prof Kandou bisa bertambah pengetahuan tentang penyakit paru. Sehingga boleh menjadi pioner kesehatan di tengah masyarakat di mana mereka tinggal,” harap dokter Munthe.
Bagi Instalasi Promkes, dr Munthe berpesan, agar terus menggalakkan edukasi kesehatan secara rutin kepada pasien dan keluarganya maupun pengunjung RSUP Prof Kandou. Tentunya dengan metode-metode penyuluhan yang mudah dimengerti.
Kegiatan ini dihadiri juga Kabid Pelayanan Medik dr Hanry Takasenseran, Kabid Keperawatan Ns Suwandi Luneto, Kasie Penunjang Medik Dolly Mokodongan ST, Kasie Instalasi Rawat Jalan dr Henny Liwe M.Kes, serta tim dokter.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here