Berziarah, Kolonel Czi Ritiauw Maknai Peninggalan Bersejarah Pahlawan Nasional Hi Nani Wartabone

0
145
Sebuah truk atap terbuka yang pernah digunakan almarhum Hi Nani Wartabone di masa perjuangannya.

GORONTALO – Komandan Korem (Danrem) 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw mengajak seluruh perwira jajarannya berziarah ke makam Nani Wartabone.

Makam pahlawan nasional Indonesia tersebut berada di kediaman Keluarga Nani Wartabone di Desa Bubebaru, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango.

Danrem bersama Bupati Bone Bolango H Hamim Pou SKom MH pun melihat langsung peninggalan Hi Nani Wartabone sejak awal perjuangan hingga wafatnya almarhum.

Rombongan juga mendengarkan penjelasan dari Jos Wartabone, anak ke-9 dari almarhum Nani Wartabone, dan keluarga lainnya.

Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw (kanan) mendengarkan penjelasan Jos Wartabone lewat visualisasi foto semasa hidup Hi Nani Wartabone.
Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw (kanan) mendengarkan penjelasan Jos Wartabone lewat visualisasi foto semasa hidup Hi Nani Wartabone.

Salah satunya adalah perjuangan Hi Nani Wartabone melawan penjajah di wilayah Gorontalo. Tepat pada 23 Januari 1942, wilayah Gorontalo yang waktu itu masih dalam residen Sulawesi telah dinyatakan merdeka dengan mengusir penjajah di bumi Gorontalo.

Selesai mendengarkan penjelasan, Ritiauw memimpin penghormatan, pembacaan doa, serta tabur bunga di atas makam almarhum Hi Nani Wartabone dan istrinya.

Kolonel Czi Arnold Ritiauw memimpin upacara penghormatan di area makam Hi Nani Wartabone.
Kolonel Czi Arnold Ritiauw memimpin upacara penghormatan di area makam Hi Nani Wartabone.

Ritiauw saat diwawancarai menjelaskan, ziarah tersebut bertujuan untuk mengenang jasa almarhum.

Dan sebagai Korem baru, sudah seharusnya melaksanakan sowan (dalam istilah Jawa) ke makam pahlawan nasional Indonesia ini.

Yang telah berjuang dengan gigihnya dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan Bangsa Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Gorontalo.

Korem 133/Nani Wartabone yang diresmikan Kasad Jenderal TNI Mulyono beberapa waktu lalu, tandas Ritiauw, membawa nama besar Almarhum Hi Nani Wartabone.

Turut serta dalam ziarah, para perwira Korem 133/Nani Wartabone, Kodim 1304/Gorontalo, Kodim 1313/Pohuwato, Yonif 713/Satyatama, dan Balak Aju Kodam XIII/Merdeka terdiri dari Sub Pom, Tim Pal, Tebbek, dan Rumkitban.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here