Warga Pertanyakan Papan Proyek Pembangunan Pasar Pinapalangkow

0
232
Proyek pembangunan pasar di Desa Pinapalangkow yang tak memiliki papan proyek.

MINSEL – Papan proyek merupakan suatu bentuk informasi agar mudah di akses oleh masyarakat sebagai sarana untuk memperoleh informasi, berdasarkan asas keterbukaan dan transparan serta tanpa ada yang harus di rahasiakan. Akan tetapi, terkadang hal tersebut  hanyalah jadi sebuah wacana.

Pasalnya, Proyek bangunan tanpa papan nama yang lazim di sebut dengan istilah proyek siluman, bukanlah merupakan suatu pemandangan yang baru, bahkan kerap mewarnai wilayah kabupaten Minsel dan hingga kini justru menjadi sesuatu yang biasa dilakukan, dan bahkan yang sangat di sayangkan, tindakan tersebut justru menjadi suatu bentuk kebiasaan di dalam melaksanakan kegiatan suatu proyek bangunan.

Sepeti contoh pembangunan pasar di Desa Pinapalangkow kecamatan Suluun Tareran (Sultra) yang menjadi sorotan masyarakat.  Hal ini dikatakan salah seorang pekerja yang juga warga Desa Pinapalangkow  saat ditemui media ini, Selasa (04/09/2018)

“Kegiatan pekerjaan proyek  sudah berlangsung lebih dari satu bulan. Namun, papan nama proyek belum terpasang. Bahkan,  pihak yang menjadi pelaksana kegiatan proyek tersebut tidak diketahui,” pungkasnya.

Diketahui, tanpa memasang papan nama proyek terkesan sudah mengabaikan Undang – Undang dan merupakan tindakan yang sangat tidak layak, terlebih ketika melaksanakan kegiatan dana untuk anggaran bersumber dari pemerintah pusat dalam bentuk APBN. Dengan adanya suatu proyek bangunan yang dalam melaksanakan kegiatan tanpa memasang papan nama proyek, maka tidak menutup kemungkinan anggapan warga masyarakat bahwa telah terjadi penyimpangan dana untuk anggaran, karena anggaran untuk memasang papan nama proyek selalu ada dalam kontrak manapun.

( Andy Runtunuwu )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here