Festival Seni Budaya Bantik 2018 Dibuka Wali Kota Vicky Lumentut

0
251
Wali Kota Manado Vicky Lumentut saat menyaksikan pemberian bantuan dari Pemkot Manado kepada warga Bantik.

MANADO–  Wali Kota Manado Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA yang didampingi oleh jajaran pejabat Pemerintah Kota (Pemkot) Manado membuka gelaran adat Festival Seni Budaya Bantik tahun 2018 yang dirangkaikan dengan peringatan 69 tahun gugurnya pahlawan nasional asal suku bantik, Robert Wolter Monginsi, di lapangan bantik Kecamatan Malalayang, Rabu (5/8/2018) siang tadi.

Wali Kota Vicky Lumentut dalam sambutannya mengajak para warga Suku Bantik agar tetap mempertahankan dan melestarikan adat istiadat suku Bantik,serta senantiasa untuk mengingatkan generasi muda akan keaneka ragaman budaya di kota Manado.

“Ini merupakan kekayaan budaya yang dimiliki Kota Manado. Festival Seni dan Budaya Suku Bantik merupakan harta warisan budaya yang harus tetap dijaga, dilestarikan, dan dikembangkan serta harus diturunkan ke genarasi mendatang,” tukas Wali Kota Lumentut.

Diketahui, Berbagai kesenian adat suku Bantik ditampilkan dalam festival tahunan ini.
Salah satu kesenian yang jadi pembuka dalam festival adalah tari Mahamba yang dibawakan muda-mudi dari desa Tanamon, Minahasa Selatan salah satu kampung Bantik di Sulawesi Utara. Dalam kegiatan tersebut juga di suguhkan drama kolosal Pahlawan Nasional asal suku Bantik, Robert Wolter Monginsidi

Dalam kesempatan yang sama, Pemkot Manado juga memberikan bantuan 15 buah tenda untuk warga masyarakat bantik yang disaksikan oleh Walikota Manado.

(tirsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here