SBW Kalama Terjual Rp8,2 juta/Kg

0
179
Suasana pelaksanaan lelang SBW di Ruang Serbaguna Pemkab Sangihe.

TAHUNA -Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan publik atau masyarakat Kampung Pulau Kalama Kecamatan Kepulauan Tatoareng kembali melaksanakan lelang sarang burung walet (SBW) Pulau Kalama, Selasa (28/8/2018), sekira pukul 10.00 Wita, di ruang serbaguna Kantor Bupati Kepulauan Sangihe.

Melalui tahapan proses lelang dengan menghadirkan empat calon pembeli, dan tiba pada penentuan nilai harga jual per kilo gram (kg).

“Lelang SBW tersebut ternyata dimenangkan oleh salah satu calon pembeli bernama Christian Korneles. Dengan nominal Rp8.200.000,- per kilogramnya, dan berat bersih SBW sebanyak 31,45 kg,” kata Kepala Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs Johanes Pilat melalui Kasubag Perdagangan,  Donny Tamboto.

Lebih lanjut dijelaskan, melalui lelang SBW tersebut telah memberikan kontribusi bagi daerah yakni pendapatan asli daerah (PAD) yang selama ini diterapkan.

“Biasanya dalam setahun berlangsung tiga kali panen, dan tentunya juga tiga kali lelang sarang burung walet (SBW) Pulau Kalama. Bahkan hasilnya juga diterapkan secara jelas dan tepat. Untuk pembagian hasil lelangnya yaitu 40 persen dan 60 persen,” jelas dia.

Dia menambahkan, penerapan hasil lelang SBW yakni untuk 40 persen bagi pemerintah daerah, dan 60 persen bagi publik atau masyarakat Kampung Pulau Kalama Kecamatan Kepulauan Tatoareng,” pungkasnya.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here