Perdana, Warga Gorontalo Sholat Ied di Makorem 133/Nani Wartabone

0
92
Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw (kiri) bersilaturahmi dengan para jamaah.

GORONTALO-Peringatan Idul Adha 1439 Hijriah terasa spesial bagi masyarakat Isimu dan Pulubala di Provinsi Gorontalo.

Karena untuk pertama kalinya, melaksanakan sholat ied di Markas Korem 133/Nani Wartabone, Rabu (22/8/2018) pukul 07.00 Wita.

Mereka membaur bersama prajurit Korem 133/Nani Wartabone, dan begitu khidmat mengagungkan asma Allah lewat sholat ied dipimpin Imam Hi Djidwan S Alim.

Masyarakat membaur dengan para prajurit TNI AD mendengarkan khotbah Idul Adha 1439 H.
Masyarakat membaur dengan para prajurit TNI AD mendengarkan khotbah Idul Adha 1439 H.

Khotib Hi Salman Haji Ali SAg dalam khotbahnya, mengingatkan para jamaah tentang perjalanan Nabi Ibrahim AS.

Berjudulkan, ‘Persatuan dengan Mencintai Keteladanan Nabi Ibrahim AS’, jamaah diserukan untuk terus mengagungkan asma Allah dengan takbir dan tahmid.

Sebagai bentuk pernyataan dan pengakuan atas keagungan Allah. Dan pengakuan dalam hati, menyentuh dan menggetarkan relung-relung jiwa manusia yang beriman, Allah Maha Besar, Allah Maha Agung.

“Tiada yang patut kita sembah selain Allah SWT. Dan melalui Idul Adha ini, marilah kita tunjukkan kepala dan jiwa ini ke hadapan Allah,” sebut khotib.

Para jamaah juga diminta untuk campakkan jauh-jauh sifat keangkuhan. Yang dapat menjauhkan kita dari rahmat Allah SWT.

Apapun kebesaran yang disandang, kita jauh lebih kecil di hadapan Allah. Dan betapapun perkasa, kita lemah di hadapan Allah SWT.

Lanjut khotib, Idul Adha selain dinamakan Hari Raya Haji juga dikatakan hari raya yang menekankan pada arti berqurban.

Yaitu memberikan sesuatu untuk menunjukkan kecintaan kepada orang lain. Di mana hikmahyang dapat diambil dari pelaksanaan sholat Idul Adha, adalah bahwa hakikat manusia adalah sama.

Yang membedakan hanyalah taqwa. Dan pada saatnya, bahwa seluruh manusia akan dikumpulkan di padang masyar untuk dimintai pertanggungjawaban.

Karena itu, tepatlah apabila perayaan Idul Adha digunakan untuk menggugah kesedihan dalam berqurban untuk negeri tercinta. Yang tidak pernah luput dirunding kesusahan dalam membangun kebersamaan untuk persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

“Mudah-mudahan dengan perayaan Idul Adha ini, mampu menggugah kita untuk rela berqurban demi agama, bangsa dan negara,” tandas khotib.

Sementara itu, perayaan Idul Adha kali pertama di Korem 133/Nani Wartabone mengangkat tema ‘Dengan Himah Idul Adha 1439 H/2018 M, Kita Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan Guna Membentuk Prajurit Profesional, Rela Berkorban, dan Manunggal Dengan Rakyat’.

Pelaksanaan sholat ied yang dikoordinir Kabintal Rem 133/Nani Wartabone Kapten Inf Abdul Kabir Lessy tersebut berjalan aman dan tertib.

Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw (kedua kiri) memimpin pemberian daging qurban.
Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw (kedua kiri) memimpin pemberian daging qurban.

Usai sholat, Danrem 133/Nani Wartabone Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw bersilaturahmi dengan para jamaah.

Diikuti penyerahan hewan qurban oleh Danrem Ritiauw kepada Kasi Pers Korem 133/Nani Wartabone Mayor Arm Mansyur Siau selaku panitia. Sebanyak 6 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here