Indonesia Disegani Dunia Sebagai Kekuatan Ekonomi, Politik, Sosial, dan Pertahanan

0
1998
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang membacakan amanat Kasad pada Upacara HUT ke-73 RI di Markas Kodam XIII/Merdeka, Jumat (17/8/2018).

MANADO-Setelah 73 tahun kemerdekaan, Bangsa Indonesia telah mengalami berbagai kemajuan di segala bidang. Ini tak lepas dari perjuangan dan pengorbanan dari para pahlawan.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono dalam sambutan tertulis dibacakan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang, kita telah menjadi kekuatan ekonomi, politik, sosial dan pertahanan yang disegani di dunia.

Di Asia Tenggara, Indonesia menjadi sentral pertumbuhan ekonomi dengan kekayaan alam melimpah. Dan jumlah masyarakat kelas menengah terbesar sebagai pasar potensial yang menggerakkan roda perekonomian regional.

Sebagai anggota G-20 dan anggota tetap beberapa organisasi internasional, Indonesia berperan aktif dalam menyelesaikan konflik di Asia Tenggara dan dunia. Serta meningkatkan kerja sama Internasional.

Kedudukan Indonesia yang dihormati di dunia tersebut, turut diperkuat dengan peran penting TNI khususnya TNI AD, sebagai kekuatan militer yang disegani. Baik dengan kontribusinya dalam menangani berbagai gejolak di dalam negeri maupun prestasinya di dunia internasional.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang (tengah barisan depan) bersama para perwira menengah jajaran Kodam XIII/Merdeka.
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang (tengah barisan depan) bersama para perwira menengah jajaran Kodam XIII/Merdeka.

TNI AD selalu terdepan dalam upaya mitigasi bencana dan bergerak cepat dalam mengatasi konflik, separatism dan terorisme bersama Polri di berbagai wilayah di tanah air.

TNI AD juga turut menunjukkan perannya dalam pengawasan dan membantu pembangunan kawasan perbatasan, bekerjasama dengan institusi pemerintah lainnya.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia ini, kita mengambil tema Kerja Kita, Prestasi Kita.

Sesuai dengan tema tersebut, Kasad berharap semangat untuk bekerja dan tekad kuat untuk terus berprestasi, dapat diaplikasikan ke seluruh prajurit dan PNS TNI AD dalam kehidupan sehari-hari. Melalui peningkatan kinerja dan profesionalisme.

Tentunya prestasi kerja tersebut hanya bisa dicapai dengan berdisiplin, bersikap jujur, bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh keihklasan.

Kesungguhan untuk mencapai prestasi merupakan wujud nyata rasa syukur kita kepada Tuhan atas anugerah kemerdekaan ini.

Sekaligus penghormatan dan penghargaan kita kepada para pahlawan yang telah mempersembahkan jiwa dan raganya kepada bangsa ini.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here