Program KB Pria Disosialisasikan di Lokasi TMMD

0
29
Warga Desa Pangea ikut saat kegiatan pelayanan KB.

BOALEMO-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Kodim 1304/Gorontalo ikut dimanfaatkan oleh Dinas Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Boalemo.

Lewat kerja sama tersebut, diadakan penyuluhan KB MOP (metoda operasi pria) atau vasektomi. Sebagai bagian menyukseskan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di kabupaten ini.

Kepala Dinas KB Kabupaten Boalemo dr Burhan Hinta mengatakan, kemitraan BKKBN dan TNI telah terjalin lama. Dituangkan dalam penandatanganan kerja sama antara Panglima TNI dan Kepala BKKBN beberapa tahun lalu.

“Akhir-akhir ini, terjadi penurunan animo masyarakat untuk ikut vasektomi. Melalui penyuluhan ini, akan mampu meningkatkan penjaringan oleh Dinas KB hingga ke seluruh pelosok desa,” sebutnya.

Di sisi lain, dr Burhan mengatakan, pihaknya berharap agar Satgas TMMD 102 yang sebagian besar adalah Babinsa Kodim 1304/Gorontalo bisa membantu BKKBN.

Dalam menyosialisasikan program-program KKBPK lewat advokasi dan KIE (komunikasi, informasi, dan edukasi) kepada masyarakat di wilayah binaan masing-masing. Tentunya lewat koordinasi dengan pihak pemerintah kecamatan, kelurahan, Puskesmas, Posyandu, serta Disdukcapil sebagai pemilik data.

Ditambahkan Kabid KB-KR BKKBN Gorontalo dr Rosi Herawati, pelayanan vasektomi untuk meningkatkan keikutsertaan kaum pria pada Metoda Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Sementara itu, masyarakat Desa Pangea mengaku senang adanya sosialisasi dan pelayanan KB di sela pelaksanaan TMMD.

Mewakili kaum ibu, Rahmawati (32) menuturkan, kegiatan seperti ini baru pertama kali dilaksanakan di desa mereka.

“Intinya, kegiatan ini sangat kami harapkan. Kami pun berterima kasih kepada pihak TNI maupun Dinas Kesehatan juga KB, karena warga sangat terbantu. Semoga ke depan kegiatan ini akan terus dilaksanakan,” ujarnya.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here