Kapten Inf Abdul Kabir Lessy Jabat Ketua Koperasi Barakati Jaya Korem 133/Nwb

0
31
Kasrem 133/Nwb Letkol Inf Sapto Irianto SIP dan Kadis Koperasi dan UKM Ayuba Hida MPd memimpin pertemuan sosialisasi.

GORONTALO-Jelang diresmikan pada Agustus 2018 ini, Korem 133/Nani Wartabone tak henti berbenah. Supaya bisa menjadi satuan teritorial di wilayah Provinsi Gorontalo yang dapat diandalkan dalam strata Angkatan Darat.

Selain dari sisi insfrastruktur, Korem 133/Nani Wartabone juga mengupayakan peningkatan kesejahteraan prajurit. Dengan membentuk koperasi primer kartika bernama Koperasi Kartika Barakati Jaya.

Dan secara de facto organisasi perkoperasian ini telah disahkan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Gorontalo.

Danrem 133/Nwb melalui Kasrem Letkol Inf Sapto Irianto SIP mengatakan, krisis ekonomi global telah membawa dampak bagi perekonomian Indonesia. Sebagai warga Indonesia, kita harus mampu mengatasinya dengan mengaktifkan kembali kegiatan koperasi.

Para prajurit Korem 133/Nwb menyimak penyampaian pimpinan.
Para prajurit Korem 133/Nwb menyimak penyampaian pimpinan.

Karena ciri dan sendi pembentukan koperasi sangat membantu mengatasi masalah ekonomi bagi anggota koperasi dan lingkungannya. “Sebab itu sudah selayaknya mendirikan koperasi di lingkungan satuan kerja maupun di lingkungan tempat tinggal,” imbuh Irianto.

Secara konstitusional, koperasi sebenarnya telah dengan tegas diamanatkan oleh UUD 1945 Pasal 33 ayat 1. Yang menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan.

Karena itu, di dalam UU nomor 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian ditegaskan, koperasi sebagai salah satu soko guru perekonomian nasional, bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Termasuk di dalamnya seluruh anggota Makorem 133/Nani Wartabone yang terlibat sebagai anggota dan pengurus koperasi kartika Barakati Jaya Korem 133/Nani Wartabone.

Dan ikut serta membangun tatanan perekonomian nasional. Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Koperasi di lingkup organisasi TNI Angkatan Darat, sebut Irianto, merupakan lembaga fungsional. Dan mempunyai tugas pokok untuk membantu Komando dalam upaya mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan prajurit dan keluarganya.

Sementara itu, Kadis Koperasi dan UKM Ayuba Hida MPd menjelaskan, anggota koperasi adalah orang yang dengan sukarela mendaftarkan diri sebagai anggota koperasi. Dengan membayar simpanan pokok, simpanan wajib maupun simpanan sukarela dengan ketentuan khusus yang telah disepakati bersama. Oleh sebab itu, para pengurus koperasi diharapkan mampu mencari cara baik dan bijak. Agar dapat membantu anggota tanpa mengabaikan nilai-nilai kesejahteraan dan kekeluargaan.

Ditambahkan Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 133/Nwb Mayor Inf Fathan Ali, berdasarkan AD/ART pengurus Koperasi Barakati Jaya terdiri dari Ketua Kapten Inf Abdul Kabir Lessy, Sekretaris Serka Muhamad Nasir, Bendahara Serma Pirban Meha, Ur Usaha Kopda Jonas TH Situmorang, dan Ur Nikkop Praka Dian Aswandi.

“Untuk pengawas koperasi akan ditentukan kemudian bila telah berjalan sesuai aturan yang berlaku,” pungkasnya.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here