KSAD Pimpin Sertijab Pangdam XIII/Merdeka

0
910
KSAD Jenderal Mulyono memberikan tongkat komando Kodam XIII/Merdeka kepada Mayjen TNI Tiopan Aritonang.

MANADO-Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono memimpin serah terima jabatan enam jabatan strategis.

Dilaksanakan di Mabes TNI AD, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (23/7/2018).

Satu di antaranya adalah Pangdam XIII/Merdeka. Dari Mayjen TNI Madsuni kepada Mayjen TNI Tiopan Aritonang.

Berdasarkan rilis Penerangan Kodam XIII/Merdeka, KSAD menyebut pergantian pejabat di lingkungan TNI AD merupakan bagian dari mekanisme pembinaan organisasi. Dan implementasi dari proses regenerasi.

“TNI AD menaruh harapan yang besar kepada para pejabat yang baru. Agar kehadirannya diiringi dengan semangat untuk membangun, guna meningkatkan kinerja organisasi serta membawa perubahan ke arah yang positif,” sebut KSAD.

Mulyono pun mengaitkan fenomena besarnya pengaruh media sosial saat ini dengan jabatan-jabatan strategis yang diserahterimakan itu.

Fenomena ini, menurutnya, bisa makin menguatkan kebutuhan akan dimilikinya integritas moral. Untuk mengukuhkan otoritas formal yang secara resmi diterima saat perwira memperoleh jabatan tersebut.

“Integritas moral ini diperoleh dari kesatuan serta kesesuaian antara tindakan, ucapan, dan keputusan dengan apa yang digariskan oleh ketentuan, norma, maupun peraturan yang ada. Tegaknya integritas moral ini akan membuahkan pengakuan dari satuan, prajurit yang dipimpin serta masyarakat luas,” ucap Mulyono.

“Dengan senjata integritas moral tersebut, niscaya kepemimpinan para perwira tidak akan tergoyahkan meskipun era kemajuan teknologi saat ini, mampu menghadirkan transparansi yang jernih bagi dunia dalam mengobservasi sepak terjang Anda selaku pimpinan,” sambung dia.

KSAD juga mengingatkan soal ekses dari perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini. Dia mengatakan saat ini muncul jenis kejahatan baru yaitu cyber narcoterrorism.

Pelaku kejahatan ini menggunakan dunia maya dan media sosial untuk mengedarkan narkotika guna mendanai kegiatan terorisme di dunia saat ini. Media sosial, disebut Mulyono, digunakan untuk memasarkan produk dan merekrut simpatisan.

“Kejahatan lintas negara ini akan menjadi ancaman serius bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita semua harus mewaspadai, mengantisipasi, dan mencegah secara dini cyber narcoterrorism yang menjadi musuh bersama bangsa Indonesia saat ini bahkan musuh bangsa-bangsa di dunia,” tegas jenderal bintang empat itu.

Selain Pangdam XIII/Merdeka, jabatan yang dilakukan Sertijab yaitu, Pangkostrad dari Letjen TNI Agus Kriswanto kepada Letjen TN Andika Perkasa, Dankodiklat TNI AD dari Letjen TNI Andika Perkasa kepada Mayjen TNI AM Putranto.

Kemudian, Pangdam II/Sriwijaya dari Mayjen TNI AM Putranto kepada Mayjen TNI Irwan, Pangdam XIV/Hasanuddin dari Mayjen TNI Agus Surya Bakti kepada Mayjen TNI Surawahadi, dan Aslog KSAD dari Mayjen TNI Irwan kepada Brigjen TNI Jani Iswanto.

Informasi diperoleh, usai Sertijab akan dilanjutkan penerimaan tradisi Pangdam dan penyerahan satuan di Makodam XIII/Merdeka. Dilaksanakan pada akhir Juli ini.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here