Paramedis Satgas TMMD Rutin Periksa Kesehatan Warga

0
44
Serka Alimuddin (kanan) memeriksa kondisi kesehatan warga Desa Pangea di Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo.

GORONTALO-Kehadiran Satgas TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) 102 membawa berkah tersendiri bagi warga Desa Pangea, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo.

Salah satunya, warga mendapat layanan pemeriksaan kesehatan. Dan ini menjadi tugas Serka Alimuddin, paramedis dari Kesatuan Rumkitban 07.08.01 Gorontalo yang masuk Satgas TMMD 102.

Menurut Alimuddin, dirinya setiap hari melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan anggota Satgas. Dirinya juga menyempatkan diri untuk melakukan pengecekan kesehatan kepada masyarakat yang memiliki keluhan masalah kesehatan.

Salah satunya adalah Mainuna Noho, warga Dusun Batuwapi. Sejak beberapa hari terakhir, perempuan pemilik 11 anak ini sering mengeluhkan pusing dan sakit kepala.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata perempuan lanjut usia (Lansia) ini menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Obat-obatan pun diberikan sesuai indikasi.

Warga lainnya pun diedukasi supaya rajin mengontrol kesehatan di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) terdekat.

Dari temuan di lapangan, sebut Alimuddin, rata-rata penyakit yang diderita masyarakat setempat adalah hipertensi. Menurutnya, ini bisa diakibatkan oleh pola makan tidak teratur. Di sisi lain, banyak juga warga yang mengalami alergi (gatal-gatal) kulit.

“Selain melakukan pengecekan kesehatan serta pengobatan, sesekali masyarakat diberikan sosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan serta berobat saat sakit. Karena rata-rata masyarakat setempat minim kepedulian terhadap kesehatan mereka sendiri,” pungkas Alimuddin.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here