RSUP Kandou Resmi Terakreditasi Internasional, Ini Ungkapan Hati dr Maxi R Rondonuwu DHSM MARS

0
990
Dirut dr Maxi Rondonuwu DHSM MARS (ketiga kanan) bersama Direktur SDM dan Pendidikan Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD (ketiga kiri), Direktur Medik dan Keperawatan dr Celestinus Munthe SpKJ MKes (kedua kanan), Staf Khusus Dirut dr Armenius Sondakh SpTHT-KL (paling kanan), Ketua SPI dr David Kaunang SpA(K) (paling kiri), Ketua Tim Akreditasi dr Ivonne Rotty MKes (kedua kiri).

MANADO-Terasa plong. Itulah dua kata terucap oleh Direktur Utama RSUP Prof Kandou Manado dr Maxi R Rondonuwu setelah RS yang dipimpinnya resmi terakreditasi internasional oleh Joint Commission International (JCI) di tahun 2018 ini.

Diungkapkan Rondonuwu, hasil ini menjawab keinginannya setelah mengabdi di RSUP Prof Kandou selama 12 tahun.

Dan puncaknya adalah di tahun kelima kepemimpinannya sebagai Direktur Utama RSUP Prof Kandou sejak dilantik Menteri Kesehatan RI pada 30 September 2013 silam. “Rencana strategis (Renstra) saya lunas selang periode lima tahun ini” imbuh mantan Kepala Dinas Kesehatan Sulut tersebut.

Kelulusan RSUP Prof Kandou pada edisi 6 JCI dengan 1200 elemen penilaian, diakui Rondonuwu, berkat kerja keras dan kerja tim seluruh komponen di RS ini.

Rondonuwu berharap, pengakuan JCI yang bermarkas di San Fransisco, Amerika Serikat, terhadap RSUP Prof Kandou sebagai RS dibawah kendali Kementerian Kesehatan RI sejak 23 tahun lalu, akan memberi dampak baik bagi pelayanan kesehatan.

Baik itu kepada masyarakat Sulut dan Indonesia pada khususnya, serta masyarakat internasional pada umumnya.

Rondonuwu tak menampik, pertama kali diamanahkan sebagai Dirut, yabg ada dibenaknya adalah mengangkat RSUP Prof Kandou dari status ‘RS kelas dua’.

Karena waktu itu masih terdaftar sebagai RS tipe B. Dengan langkah cepat, Rondonuwu menguatkan organisasi RS dengan pilar-pilar yang bertekad kuat menjadikan RSUP Prof Kandou setara dengan RS-RS milik pemerintah pusat.

Jerih payah ditopang doa, akhirnya RS ini mampu lulus berjenjang sebagai RS pendidikan terakreditasi, RS Tipe A, bahkan RS terakreditasi nasional dengan predikat paripurna oleh KARS.

“Dan tahun ini, lulus akreditasi internasional JCI dengan nilai 96,6,” tutur Rondonuwu.

Dengan kelulusan ini, RSUP Prof Kandou bersama 8 RS lain milik pemerintah yang telah terakreditasi oleh JCI.

Di antaranya, RSUP Sanglah Denpasar, RSUP Nasional Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta, RSUP Fatmawati Jakarta, RSUP dr Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, RSUP Dr Sardjito Jogjakarta, RSUP Dr Kariadi Semarang Jawa Tengah, RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, dan RSUP Dr. Muhammad Hoesin Palembang Sumatera Selatan.

Diketahui, RSUP Prof Kandou mengikuti penilaian JCI pada 2-6 Juli 2018 lalu. Tim survey terdiri dari Marie M Dennis MSN RN, Frank Dawood MPH, Pongtorn Kietdumrongwong MD, Dr Syed M Shah MD MBA, dan Denise M Fritz MS RN.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here