Gubernur Habibie Bersyukur TMMD Dirasakan Warga Gorontalo

0
41
Jajaran Kodam XIII/Merdeka dan Forkopimda Provinsi Gorontalo usai upacara pembukaan TMMD ke-102.

GORONTALO-Gubernur Gorontalo Drs H Rusli Habibie MAP bersyukur operasi TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) bisa dirasakan warga Gorontalo.

Hal tersebut diungkapkan Habibie saat memimpin upacara pembukaan TMMD ke-102 wilayah Kodim 1304/Gorontalo, di Lapangan Desa Bongo Dua, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Selasa (10/7/2018).

Menurut Habibie, kemanunggalan tentara dengan rakyat sudah sejak lama terbangun dan dipelihara. Sehingga menjadi tradisi dan budaya republik ini.

“Banyak sejarah mencatat tentang kesatuan rakyat dan tentara dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak ada keraguan sedkitpun dari peran tentara dalam mengisi pembangunan karena sudah banyak bukti dan fakta sejarah tentang loyalitas tentara pada rakyat Indonesia,” sebutnya.

Lanjut Habibie, TMMD sebagai bentuk pengabdian demi terwujudnya pertahanan Negara di daerah tangguh. Juga merupakan upaya TNI untuk berkontribusi melestarikan sejarah terutama nilai kemanunggalan TNI-Rakyat.

Gubernur Gorontalo dan Pangdam XIII/Merdeka disambut secara adat.
Gubernur Gorontalo dan Pangdam XIII/Merdeka disambut secara adat.

Dia berharap, TMMD ini dapat memberi dukungan bagi masyarakat miskin. Untuk pengelolaan potensi ekonomi lokal agar tercipta penghidupan layak dan berkelanjutan.

Kemudian, penanganan fakir miskin wilayah pesisir, layanan kesehatan, pemberian bantuan studi bagi mahasiswa miskin, penanganan daerah rawan pangan, serta pemberdayaan sosial fakir miskin dan komunitas sosial adat terpencil.

Pasar murah digelar di sela upacara pembukaan TMMD.
Pasar murah digelar di sela upacara pembukaan TMMD.

Habibie meyakini, TMMD bakal sukss dan memberi manfaat besar bagi masyarakat. Karena program TMMD merupakan program lintas sektoral yang bersinergi antara TNI, Polri, kementerian lembaga non pemerintah dan pemerintah daerah, serta segenap lapisan masyarakat di wilayah masing-masing.

Hadir dalam upacara ini, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs Rachmad Fudail MH, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP MSi, Danrem 133/Nani Wartabone Kol Czi Arnold Aristoteles Ritiaw.

Ada juga Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Tonni Sundah, Danbrigif 22/Oms Letkol Inf Veriyanto Napitupulu, Kapolres Boalemo AKBP Ade Permana SIK, Bupati Boalemo H Darwis Moridu, para perwira menengah Kodam XIII/Merdeka, Korem 131/Santiago, Korem 133/Nani Wartabone, serta pimpinan OPD Provinsi Gorontalo.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here