Masyarakat Pulau Bangka Akui Sangat Butuh PT MMP

0
424
Perwakilan masyarakat Pulau Bangka menyampaikan surat petisi.

MANADO-Masyarakat Pulau Bangka menyampaikan permohonan kepada Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey untuk mengaktifkan kembali izin tambang bijih besi PT Mikgro Metal Perdana (PT MMP) di Pulau Bangka.

Hal tersebut disampaikan perwakilan masyarakat Pulau Bangka, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, saat menyambangi Kantor Gubernur Sulut, Senin (9/7/2018) siang.

Dalam surat petisi tersebut, berisi 5 poin utama. Dibacakan oleh salah satu perwakilan warga.

Pertama, masyarakat Pulau Bangka selalu mendukung tambang PT MMP. Karena kehadiran PT MMP di Pulau Bangka telah membawa manfaat dan perbaikan taraf hidup yang sangat besar bagi masyarakat. Masyarakat mendapat pekerjaan dan penghasiIan jauh lebih baik, telah terjadi perbaikan infrastruktur desa, anak-anak dapat bersekolah, dan banyak manfaat positif lainnya yang tidak pernah didapatkan sebelum PT MMP masuk ke Pulau Bangka. Sehingga warga setempat hingga saat ini sepenuhnya dan senantiasa mendukung tambang bijih besi PT MMP di Pulau Bangka.

Kedua, hidupkan kembali aktivitas perekonomian di Pulau Bangka.
Menurut mereka, sejak dihentikannya kegiatan PT MMP di Pulau Bangka oleh pemerintah hingga saat ini, kegiatan perekonomian di Pulau Bangka menjadi terhenti dan masyarakat menjadi susah. Sehingga kami berharap agar PT MMP dapat beroperasi kembali.

Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulut BA Tinungki membubuhi tanda tangan sebagai tanda terima surat petisi tersebut.
Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sulut BA Tinungki membubuhi tanda tangan sebagai tanda terima surat petisi tersebut.

Ketiga, tegakkan kebenaran, jauhi penipuan, mohon keadilan dan kepastian hukum.
Banyak aktivitas pertambangan di Pulau Kecil di Indonesia. Tapi tidak ada satupun yang diminta untuk mengurus lzin Pulau Kecil dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dan KKP juga tidak pernah sekalipun menerbitkan lzin Pulau Kecil kepada siapapun. Sehingga kami memohon keadilan agar tidak ada pemaksaan atau penipuan untuk mengurus lzin Pulau Kecil dari KKP atau kementerian Iainnya.

Mohon tidak membingungkan masyarakat tapi memberikan kepastian hukum. Kegiatan pertambangan berada di tangan Menteri ESDM RI. Jangan dengarkan LSM atau oknum yang mementingkan diri sendiri. Kami mohon ketegasan dan kejelasan dari pemerintah agar tambang PT MMP dapat diaktifkan kembali. Karena izin sudah pernah diberikan, dan masyarakat sudah menjual tanahnya kepada PT MMP. Berikan masyarakat kepastian hukum dan keadilan.

Keempat, aktifkan kembali tambang bijih besi PT Mikgro Metal Perdana. Kami sangat gembira menyambut penyelesaian gugatan terhadap lzin PT MMP di masa lalu yang dilakukan oleh 9 orang dengan perdamaian dan pencabutan perkara. Hal tersebut dapat dijadikan dasar untuk mengoperasikan kembali tambang PT MMP.

Kelima, mohon dukungan dan bantuan yang terhormat Bapak Gubernur. “Kami Masyarakat Pulau Bangka memohon bantuan Bapak Gubernur dapat memberikan dukungan serta berkenan untuk menyampaikan harapan masyarakat Pulau Bangka kepada Pemerintah Pusat. Yaitu kepada yang terhormat Bapak Presiden RI dan Menteri ESDM RI. Agar dapat segera mengaktifkan kembali lzin Usaha Produksi Operasi Produksi PT MMP.

Diketahui, masyarakat Pulau Bangka saat menyampaikan aspirasinya di lobi Kantor Gubernur Sulut, diterima Kadis ESDM Sulut BA Tinungki, dan Kadis Lingkungan Hidup Marly Gumalag.

Usai membacakan surat petisi, perwakilan masyarakat Pulau Bangka tersebut diundang berdiskusi di ruang lantai 2 dipimpin Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setprov Rudi Mokoginta.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here