(Video) Kemenkes Edukasi ‘Isi Piringku’ di Gelar Dagang dan Pameran Harganas 2018

0
91
Dra Herawati MA (paling kiri) bersama tim menerima kunjungan Ketua Bhayangkari Polda Sulut Ruthi Bambang Waskito (tengah), dan Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos di stand Kemenkes RI.

MANADO—Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia menyosialisasikan konsep ‘Isi Piringku’ pada gelar dagang dan pameran Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25 di Manado, Sulawesi Utara, Kamis-Sabtu (5-7/7/18).

Dra Herawati MA selaku Kasubdit Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Kesehatan, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI menjelaskan, pihaknya ingin mengedukasi masyarakat supaya dapat mengonsumsi makanan dengan komposisi lengkap.

Pertama, 1/3 dari isi piring anda harus berisi lauk-pauk (50 persen) dan buah-buahan (50 persen).

Swafoto tim Kemenkes RI dan Dinkes Sulut bersama peserta Harganas.
Swafoto tim Kemenkes RI dan Dinkes Sulut bersama peserta Harganas.

Kedua, 1/3 dari isi piring harus sayur-mayur. Dan 1/3 bagian lain berisi makanan pokok.

Menurut Herawati, Isi Piringku menggantikan konsep 4 Sehat 5 Sempurna.

Untuk makanan pokok terdiri dari pangan mengandung karbohidrat. Yaitu beras, jagung, singkong, ubi, talas, sagu, atau produk olahan seperti roti, pasta, mie dan lainnya.

Simak cuplikan wawancara bersama Kasubdit KIE Kesehatan Kemenkes RI Dra Herawati MA.

Selanjutnya, lauk pauk terdiri atas pangan sumber protein. Protein hewani berupa daging, unggas (ayam, bebek), ikan termasuk hasil laut, telur, susu, dan hasil olahannya. Untuk protein nabati berupa tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

Sedangkan buah-buahan dapat mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat pangan. Karena sebagian vitamin dan mineral dalam buah-buahan berperan sebagai anti oksidan.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here