Ratusan Warga Ikut Bhaksos Harganas Sulut

0
100
Dr Ir Dwi Sulisyawardani MSc (kanan) dan Dra Theodora Pandjaitan MSc (kiri) meninjau kegiatan donor darah.

MANADO-Ratusan masyarakat turut dalam kegiatan bhakti sosial dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25, Rabu (4/7/2018) pagi.

Di antaranya, donor darah, khitanan massal, serta pelayanan KB dan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KB-KR) BKKBN Pusat Dr Ir Dwi Sulisyawardani MSc mengatakan, Bhaksos ini merupakan momentum kita untuk saling berbagi kepada sesama. Juga sebagai bentuk pelayanan bagi warga Indonesia.

Dengan sejumlah pelayanan kesehatan yang ada, ujar Dwi, pihaknya ingin mengingatkan masyarakat supaya dapat menjaga dan meningkatkan cara hidup sehat.

Proses khitanan massal di Klinik Madani Tuminting.
Proses khitanan massal di Klinik Madani Tuminting.

Sementara itu, Koordinator Bhakti Sosial Panitia Harganas Sulawesi Utara ke-25 Tahun 2018 dr Debie Kalalo MSc menerangkan, Bhaksos terbagi dalam 3 kegiatan utama.

Untuk donor darah di Youth Center Kawasan Megamas diikuti oleh 300 orang. Terdiri dari personel Korem 131/Santiago, Kodim 1309/Manado, Lantamal VIII/Manado, perwakilan BUMN, dan masyarakat umum.

Kemudian, khitanan massal di Klinik Madani di Kecamatan Tuminting Manado yang mendaftar sebanyak 130 orang.

Selanjutnya, pelayanan KB berupa metoda kontrasepsi jangka panjang (MKJP) dan pemeriksaan IVA di Puskesmas Tikala dan Puskesmas Bahu.

Peserta khitanan massal rangkaian Harganas ke-25 di Sulut.
Peserta khitanan massal rangkaian Harganas ke-25 di Sulut.

Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Dra Theodora Pandjaitan MSc menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh mitra kerja BKKBN dan masyarakat. Karena sudah ambil bagian pada kegiatan Bhaksos rangkaian Harganas ke-25 kali ini.

Hadir dalam kegiatan Bhaksos, Direktur Bina Kesertaan KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus BKKBN Pusat Drs Nerius Auparay MSi, Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Kajian Strategis Johnny Suak SE MSi, Sekretaris PMI Sulut Mercy MF Rampengan SPi MAppSc PhD, Ketua Tim Giat Donor Darah Sulut Annie Dondokambey SH MH.

Ada juga Ketua Pokja 4 TP-PKK Sulut dr Greity Ingrit Giroth, Asisten Deputi Monitoring Evaluasi BPJS Kesehatan Kedeputian Suluttenggomalut Ayatullah MF Pomalingo, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado dr Greisthy Borotoding, serta beberapa Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB dari kabupaten/kota di Sulut.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here