Ini Harapan Pangdam Madsuni Memaknai HUT ke-60 Kodam XIII/Merdeka

0
110
Pangdam Mayjen TNI Madsuni (kedua kiri) dan Kapolda Sulut Irjen Pol Bambang Waskito, dan jajaran Forkopimda di panggung utama. (Sumber foto: Bidang Humas Polda Sulut).

TOMOHON-Harapan besar diapungkan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Komando Daerah Militer (Kodam) XIII/Merdeka.

Pangdam Madsuni menekankan kepada seluruh prajurit Kodam XIII/Merdeka agar senantiasa waspada dan siap sedia setiap saat. Guna merespon setiap perkembangan situasi regional maupun nasional saat ini.

“Berdasarkan grand design upaya penataan organisasi TNI AD dalam kerangka ‘Pembangunan Kekuatan Pokok Minimum’ yang dilaksanakan atas dasar konsep pertahanan sesuai kebijakan strategis TNI AD 2010-2029, Kodam XIII/Merdeka saat ini terus mengembangkan gelar kekuatan,” ujar Madsuni, dalam amanatnya pada upacara peringatan HUT di Mako Rindam XIII/Merdeka, Selasa (3/7/2018) pagi pukul 08.00 Wita.

Semua upaya peningkatan kemampuan, gelar dan kekuatan ini, sebut Madsuni, tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjamin kapabilitas Kodam XIII/Merdeka dalam menjalankan tugas pokoknya.

Karena itu, para komandan satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka wajib secara konsisten melaksanakan pembinaan satuan dengan sebaik-baiknya. Agar setiap satuan beserta para prajuritnya mampu menghadapi dinamika yang berkembang.

Harus pula disadari, Kodam XIII/Merdeka adalah juga bagian dari struktur pranata sosial. Yang eksistensinya selalu terhubung dengan dinamika kehidupan warga dan komunitas sipil lain di sekitarnya, serta pemerintah daerah dan aparat negara lainnya.

Karena itu, pelihara dan jaga terus kemanunggalan TNI-Rakyat di manapun kalian bertugas dan berada. Ingatlah jati diri kalian sebagai seorang prajurit TNI, yakni sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional.

Karena itu, pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.

“Mudah-mudahan, dengan ridho Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Kodam XIII/Merdeka dapat bersinergi dengan seluruh komponen bangsa yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah. Untuk bersama, bahu-membahu dengan rakyat mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera,” tandas Madsuni.

Hadir pada acara ini, Gubernur Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah beserta Forkopimda, maupun yang mewakili.

Ada juga Kapolda Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah, Danlantamal VIII/Manado, para bupati/walikota se-Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah.

Para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, serta  pemimpin media dan segenap tamu undangan

Kemudian perwira tinggi dan menengah jajaran Kodam XIII/Merdeka, pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIII/Merdeka beserta para pengurus, serta prajurit dan PNS Kodam XIII/Merdeka.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here