Gandeng BNN dan Akademisi, BKKBN Sulut Siapkan Generasi Terencana

0
37
Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Dra Theodora Pandjaitan MSc (tengah) usai membuka seminar dan pemaparan materi.

MANADO-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulut berupaya memperkuat keluarga di Bumi Nyiur Melambai guna menyiapkan generasi yang terencana.

Menurut Kepala Perwakilan BKKBN Sulut Dra Theodora Pandjaitan MSc, saat ini pemerintah memfokuskan masyarakat kelompok remaja sebagai inti menciptakan generasi yang terencana.

“Perlu diketahui, populasi remaja Indonesia cukup besar dan menjadi aset penting pemerintah. Karena itu kelompok remaja harus diekspos dengan pengelolaan sumber daya manusia yang baik,” kata Pandjaitan, usai membuka seminar ‘Penyiapan Generasi yang Terencana Melalui Keluarga’ Tingkat Provinsi Sulut, di Hotel Quality Manado, Senin (2/7/2018) pagi.

Lanjutnya, langkah-langkah penyiapan tersebut dilakukan, agar saat memasuki periode keluarga para remaja Indonesia mengerti dengan baik arti cinta keluarga, cinta terencana ini.

Kepala BNN Sulut Brigjen Pol Drs Charles H Ngili MH (tengah) dan dr Joy Rattu MS PhD AIFO (kanan) menjadi narasumber yang dimoderatori Kabid KB-KR BKKBN Sulut Ir Tino Tandaju MErg (kiri).
Kepala BNN Sulut Brigjen Pol Drs Charles H Ngili MH (tengah) dan dr Joy Rattu MS PhD AIFO (kanan) menjadi narasumber yang dimoderatori Kabid KB-KR BKKBN Sulut Ir Tino Tandaju MErg (kiri).

Di sisi lain, salah satu masalah besar yang mengancam para remaja yaitu bahaya Narkoba. Sebab itu, kami menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulut untuk bersama melakukan pencegahan penyalahgunaan Narkoba.

“Apalagi remaja Indonesia merupakan target utama gembong Narkoba. Dan diketahui, saat ini sebanyak 27 persen pengguna Narkoba adalah remaja. Dan itu butuh penanganan serius,” ujar Pandjaitan.

Kemudian, BKKBN Sulut juga memperkuat program preventif soal kesehatan remaja. Lewat kerja sama dengan para pihak yang concern terhadap kesehatan reproduksi. “Para remaja pun harus diajarkan untuk sadar terhadap kualitas kesehatan diri untuk kesinambungan penyiapan generasi yang terencana.

Dalam seminar yang menjadi rangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-25, turut menjadi narasumber yaitu Kepala BNN Sulut Brigjen Pol Drs Charles H Ngili MH, dan Akademisi Unsrat dr Joy Rattu MS PhD AIFO.

(harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here