10 Penyakit Paling Dominan Landa Warga Sangihe

0
174
Kepala Dinas Kesehatan Sangihe dr Jopy Thungari.

TAHUNA-Sedikitnya ada 10 penyakit yang paling dominan di wilayah Kabupaten Sangihe. Hal ini dengan sendirinya memacu Dinas Kesehatan sebagai lembaga yang berkompeten untuk terus menggiatkan upaya pencegahan serta penerapan pola hidup sehat terus dilakukan agar masyarakat minimal terhindar serta mengurangi jumlah penyakit tersebut.

“Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), hipertensi, gastritis, penyakit pada sistem otot dan jaringan pengikat, penyakit kulit alergi, kecelakaan dan ruda paksa, obserfasi febris, keries gigi dan diare,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Jopy Thungari.

Untuk mencegah penyakit tersebut Thungari menjelaskan, agar dapat melakukan pola hidup sehat yang sudah diterapkan di setiap puskesmas.

“Agar dapat melakukan pola hidup sehat, itu sudah diterapkan di setiap puskesmas. Karena puskesmas itu melakukan pencegahan penyakit dan layanan kesehatan, serta di puskesmas ada dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), dana BOK itulah yang dilakukan untuk program-program promosi kesehatan dan pencegahan penyakit,” ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut peran dari Puskesmas sangatlah penting untuk memberikan imbauan kepada masyarakat terkait dengan pola hidup sehat serta  mencegah orang sakit, serta  mengimbau masyarakat bila sudah merasa sakit langsung datang melakukan pemeriksaan.

“Begitu juga peran dari Puskesmas itu sendiri adalah mencegah orang sakit, agar orang sehat tidak sakit, dan Puskesmas memberi anjuran bagi masyarakat bila sudah merasa sakit langsung datang melakukan pemerikasaan agar langsung diberikan obat untuk tahap pemulihan,” tutur Thungari, sambil menambahkan, bahwa ada Instruksi Presiden no 1 tahun 2017 tentang Gerakan masyarakat sehat (Germas), itu semenatara berproses menunggu peraturan Bupati (Perbub).

“Ada instruksi dari presiden no 1 Tahun 2017 tentang Germas, saat ini kami sudah menindak lanjuti dan sekarang sementara berproses untuk penerbitan  Peraturan Bupati (Perbup) tentang Germas di Sangihe. Sementara itu di Sangihe ada 3 yang menjadi program unggulan Germas tersebut, yang pertama pola makan untuk lebih banyak makan ikan dan sayur, beraktifitas fisik yaitu olahragah yang minimalnya 30 menit setiap hari, pemeriksaan rutin berkala,” imbuhnya.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here