Dinkes Sulut Siagakan Posko Kesehatan Hadapi Arus Balik

0
57
dr Debie KR Kalalo MSc PH, Kadis Kesehatan Sulut.

MANADO-Sejumlah petugas kesehatan disiapkan di sejumlah posko kesehatan di wilayah kerja Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo MSc PH menekankan, strategi ini untuk menjamin pelayanan kesehatan bagi warga yang dalam perjalanan kembali usai mudik atau ‘pasiar’.

Diterangkan Kalalo, Dinkes Sulut telah menjalin koordinasi dengan Dinkes kabupaten/kota. Selain di posko kesehatan, Puskesmas dan RS yang berada di jalur Trans Sulawesi pun siap memberikan pelayanan.

Warga dan personel pengamanan memanfaatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan di posko kesehatan.
Warga dan personel pengamanan memanfaatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan di posko kesehatan.

“Kita sepakat untuk tidak meliburkan diri selama cuti bersama dan Idul Fitri kali ini. Warga yang akan menempuh perjalanan pulang atau arus balik, bisa singgah di posko kesehatan jika merasa sakit,” ujar Kalalo.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Lidya Evalien Tulus MKes menambahkan, posko kesehatan disiapkan 24 jam. Ditempatkan di jalur yang dilalui warga atau dipadati pemudik seperti terminal dan rest area.

Selain bagi pemudik, sebut Tulus, posko kesehatan juga diperuntukkan juga bagi warga sekitar dan personel pengamanan yang bertugas. “Para pemudik dan sopir armada transportasi umum kami imbau untuk berhati-hati, menjaga kesehatan, dan mengutamakan keselamatan jiwa dalam perjalanan,” pungkasnya.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here