Didampingi Babinsa, Warga Bantane Panen Padi 7 Ton

0
100
Sertu Yance Maapanawang membantu warga saat panen padi.

TALAUD-Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan. Hal tersebut dilakukan juga Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Yance Maapanawang yang bertugas di Desa Bantane, Kecamatan Rainis, Talaud.

Hasilnya, pada Selasa (19/6/2018), dilaksanakan panen padi di lahan milik Barto Pangetti. Di lahan seluas sekira 2 hektar itu, diperkirakan hasil panen antara 3-3,5 ton per hektar dengan jenis IR 64.

Menurut Sertu Yance, hasil ini adalah jerih payah bersama masyarakat. Dan sejak beberapa bulan lalu, Babinsa yang sehari-hari berdinas di Koram 1312-04/Rainis ini, telah mendampingi kegiatan penanaman padi di lahan tersebut.

Walau masih dalam suasana Idul Fitri dan sebagian orang berlibur, tidak membuat Sertu Yance mengabaikan tanggung jawabnya.

Sehingga masyarakat sekitar sangat merasakan peran Babinsa untuk membina dan mengayomi masyarakat yang berada di wilayah binaannya.

Semangat untuk memberikan yg terbaik kepada bangsa dan Negaralah, yang mendorong Sertu Yance dalam melaksanakan dinas sehari-hari. “Sesuai dengan peribahasa, siapa yang menanam dia yang menuai,” pungkas Sertu Yance.

Sementara itu, Dandim 1312/Talaud Letkol Arm Gregorius Eka Setiawan SE menuturkan, sesuai kebijakan dari Komando Atas, seluruh jajaran Kodim 1312/Talaud melalui Babinsa, akan terus terlibat secara aktif dalam mendorong pembangunan di bidang pertanian.

Menurut Dandim Gregorius, pendampingan di bidang pertanian merupakan kerja sama antara Kementerian Pertanian dan TNI AD. Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan.

“Apa yang dilakukan Babinsa Kodim 1312/Talaud khususnya di wilayah Bantane ini, merupakan implementasi peran dalam upaya khusus pendampingan tersebut,” kata Dandim Gregorius, seraya menambahkan, pendampingan dilaksanakan oleh Babinsa jajaran Kodim ini dimulai dari tahap penyiapan lahan sampai dengan panen.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here