KIS Digital Bisa Gantikan KIS Fisik

0
169
Model KIS Digital di ponsel yang bisa diakses dengan aplikasi Mobile JKN.

MANADO-Musim liburan telah dimulai. Agenda pulang kampung atau jalan-jalan ke kota lain, mulai ditempuh sebagian besar masyarakat Sulawesi Utara dan sekitarnya.

Tiba-tiba anda lupa membawa Kartu JKN-KIS? Tenang saja. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memudahkan para peserta JKN-KIS.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Manado dr Greisthy Borotoding menerangkan, kini KIS digital bisa menggantikan KIS fisik.

Riri, Duta BPJS Kesehatan Manado menjelaskan cara mengunduh aplikasi Mobile JKN.
Riri, Duta BPJS Kesehatan Manado menjelaskan cara mengunduh aplikasi Mobile JKN.

KIS digital ini, sebut Dokter Greisthy, berfungsi untuk memudahkan peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan. Baik itu di dokter keluarga, Puskesmas, maupun rumah sakit.

Jika peserta lupa atau tidak membawa kartu JKN-KIS miliknya, peserta dapat menggunakan KIS digital pada aplikasi Mobile JKN.

iklan harryDikembangkannya KIS digital ini, peserta tidak perlu khawatir lagi. Tentunya selama kartu peserta berstatus aktif maka dapat dilayani sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Adanya KIS digital ini, peserta JKN-KIS dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Jadi peserta tidak perlu buang waktu, biaya, dan tenaga pulang ke rumah mengambil kartu, jika ingin mengakses pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan. Silahkan menggunakan KIS digital.

Dia pun mengajak masyarakat agar mengunduh aplikasi Mobile JKN yang ada playstore dan appstore di ponsel masing-masing. Karena aplikasi Mobile JKN memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan peserta.

Ditambahkannya, bagi tenaga kesehatan yang ada di Faskes Tingkat Pertama (FKTP) atau Faskes Rawat Tingkat Lanjut (FKRTL), dapat memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS. “Termasuk tidak menuntut KIS fisik kepada peserta JKN-KIS, jika sudah menunjukkan KIS digital,” pungkas Dokter Greisthy.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here