WTP Minut Terus Mendapat Apresiasi

0
53
Robby Parengkuan.

MANADO— Meski Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) menerima opini Wajar Tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaana Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulut, bahkan sampai ketiga kalinya berturut-turut, namun masih ada saja yang mempertanyakan tentang keabsahan penilaian.

Bahkan, pertanyaan tersebut semakin hangat dibicarakan warga Minut. “Mengapa Minut masih menerima WTP, sedangkan ada kasus yang sedang bergulir, yang nyata-nyata merugikan negara,” tanya mereka.

Menurut Kepala Badan Keuangan Minut Robby Parengkuan SH saat dikonfirmasi mengatakan, memang terkait hal itu, banyak yang salah kaprah.

“BPK itu memeriksa administrasi keuangan APBD sedangkan untuk kasus yang sedang bergulir saat ini di Kejati, dana dari APBN. Jadi BPK hanya memeriksa ABPD murni dan tidak ada sangkut paut dengan APBN,” terangnya.

Terpisah, tokoh masyarakat Minut Husein Tuahuns mengatakan, warga seharusnya memberikan apresiasi kepada Bupati Vonnie Anneke Panambunan beserta jajaranya. “Dan juga Kepala Badan Keuangan Robby Parengkuan yang bisa memainset itu. Ini persoalan tidak gampang banyak aturan itu timpang tindih, kalau tidak di laksanakan dianggap lambat tapi setelah dilaksanakan tidak ada juknis,” ungkapnya.

Tuahuns menambahkan, ini yang menjadi luar biasa, mereka bisa mensiasati itu semua. “Memang sekarang banyak trending topik kenapa Minut bisa meraih WTP, sedangkan kasus pemecah ombak sedang bergulir, itu persoalan yang beda karena BPK tidak pernah mengaudit APBN. Mereka hanya memeriksa administrasi Keuangan Daerah,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPRD Joseph Dengah mengatakan, secara pribadi pihaknya sangat bersyukur Minut dapat meraih WTP. “Kiranya kedepannya harus lebih tingkatkan kinerja, agar bisa mencapai empat kali WTP,” ungkapnya.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here