Kejari Minut Amankan 794 Juta Uang Negara

0
251
Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Minut Rustiningsih SH MSi saat memperlihatkan uang eks dana bantuan PNPM Mandiri Perdesaan yang diamankan Kejari Minut.

MINUT– Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa Utara berhasil mengamankan uang negara yang berasal dari eks Dana Bantuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan di Desa Maen, Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara. Dana PNPM yang mengendap dalam rekening Bank SulutGo sejak tahun 2014 sampai dengan saat ini, Senin (4/6/2018) yang berjumlah 794 Juta dan tersimpan di rekening Bank SulutGo cabang Likupang Timur, atas nama SPP MP Liktim/Novita Makapeti.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Minut Rustiningsih SH MSi, dalam konperensi pers di depan awak media membeberkan kronologis hasil temuan eks dana bantuan PNPM Mandiri Perdesaan tersebut.

“ Ini berawal dari laporan masyarakat tentang adanya dugaan penyalahgunaan eks dana bantuan PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara. Laporan tersebut kami tindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan terhadap mantan pengurus dana simpan pinjam perempuan  PNPM/MPD tahun 2008  sampai dengan tahun 2014, serta Camat Likupang Timur,” jelas Kejari Rustiningsih yang didampingi oleh Kasie Pidsus Kejari Minut Antonius Silitonga SH MH dan Kasie Intel Kejari Minut Mursyidi SH.

Buku rekening Bank SulutGo atas nama SPP MP Liktim/Novita Makapeti.
Buku rekening Bank SulutGo atas nama SPP MP Liktim/Novita Makapeti.

Lanjut dijelaskannya, dari data dan keterangan  yang diperoleh dari para saksi, Tim Kejari menemukan fakta dimana Program PNPM/MPD telah berakhir sejak tahun 2015 berdasarkan Surat Kementerian Desa PDTT/Nomor 134/DPPMD/VII/2015  tanggal 13 Juli 2015 tentang Panduan Pengakhiran dan Penataan Hasil Kegiatan  PNPM/MPD.

“Dalam pemeriksaan ini  kami menemukan buku rekening Bank SulutGo yang masih berisi dana sebesar 794 Juta yang merupakan eks dana bantuan PNPM Mandiri Perdesaan, yang  secara sukarela diserahkan oleh mantan pengurus PNPM/MPD,” tambahnya lagi.

Oleh sebab itu lanjut Kejari, untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan eks dana bantuan PNPM, Kejari Minut mengambil langkah untuk mengamankan dana tersebut sehingga tidak disalahgunakan yang bisa berpotensi terjadinya kebocoran uang Negara.

“Eks dana bantuan tersebut kini kami amankan sambil menunggu proses hukum selanjutnya, dan disimpan dalam rekening sementara Bank BRI,” pungkas Rustiningsih.

Turut hadir dalam penyerahan eks dana bantuan PNPM Mandiri Perdesaan tersebut, Kepala Inspektorat Pemkab Minut Umbase Mayuntu SSos MSi dan Camat Likupang Timur.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here