Hasil LKPD TA 2017, Kabupaten Minahasa Raih Opini WTP

0
96
Kabupaten Minahasa menerima Opini WTP dari BPK RI.

MINAHASA–  Penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas LKPD TA 2017 Kabupaten/Kota  se-provinsi Sulawesi  Utara (Sulut) dibacakan. Hasilnya, Kabupaten Minahasa  meraih Opini WTP (wajar tanpa pengecualian) dari BPK RI.

Hasil laporan hasil pemeriksaan LKPD Minahasa oleh BPK RI diterima langsung oleh pj Royke Mewoh bersama ketua DPRD minahasa James Rawung,SH, disaksikan oleh Gubernur sulawesi utara, para Bupati/Walikota, Ketua DPRD kabupaten/kota se-Provinsi Sulut di kantor BPK perwakilan Sulut, Senin (4/6/2018).

Menurut Kepala BPK RI perwakilan sulut Drs Tangga M Purba, MM mengatakan sesuai UU no 15 tahun 2017,  BPK telah melakukan pemeriksaan LKPD se-provinsi sulut dengan tujuan untuk memberikan opini dan LPH LKPD, juga mengumumkan perbaikan positif, sekalipun masih ditemui adanya penyimpangan, akan tetapi masih dalam batas toleransi.

iklan-puasa-SA-animasiTujuh hal  yang menjadi hal pokok untuk diperiksa yaitu neraca keuangan, laporan realisasi anggaran, laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan, laporan operasional, laporan perubahan saldo anggaran lebih, dan laporan akuiditas keuangan.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Minahasa Roy Mewoh mengparesiasi atas opini  yang diberikan BPK, dimana Kabupaten Minahasa meendapatkan opini WTP atau wajar tanpa pengecualian.

” Saya member apresiasi untuk BPK yang telah memberikan Opini WTP untuk Kabupaten Minahasa. Opini WTP ini jadi satu pembelajaran juga, agar supaya kita  jangan cepat puas dengan perolehan opini ini, akan tapi minimal kita tetap mempertahankan serta memperbaiki sistem pengelolaan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP),” tutup mewoh.

Untuk diketahui, dari hasil laporan tersebut, BPK menyimpulkan dari 15 Kabupaten/Kota, 14 Kabupaten Kota se Sulut meraih penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Sedangkan  Kabupaten Bolmong meraih opini Tidak  Memberikan  Pendapat.

Berikut 14 Kabupaten/Kota yang meraih opini WTP :

  1. Kota Bitung –                 WTP
  2. Kabupaten Minahasa       WTP
  3. Kabupaten Sitaro            WTP
  4. Kota Kotamobagu          WTP
  5. Kabupaten Bolsel            WTP
  6. Kabupaten Boltim           WTP
  7. Kota Tomohon               WTP
  8. Kabupaten Bolmong       Tidak Memberikan Pendapat
  9. Kota Kotamobagu         WTP
  10. Kabupaten Minut           WTP
  11. Kabupaten Sangihe       WTP
  12. Kabupaten Mitra           WTP
  13. Kabupaten Bolmut        WTP
  14. Kabupaten Talaud         WTP
  15. Kabupaten Minsel         WTP.

(Deibby)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here