Dinas Kearsipan Pemkab Minut Gelar Lomba Bercerita

0
80
Penyerahan hadiah kepada pemenang Lomba Bercerita.

MINUT– Dinas Kearsipan Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar lomba bercerita siswa SD/MI MADRASAH tingkat kabupaten Minut, Rabu (30/5/2018), bertempat di gedung kantor Bapelitbang Minut. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembudayaan kegemaran membaca dan menggali minat baca terutama untuk siswa Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun oleh Dinas Kearsipan serta kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Provinsi Sulawesi utara, dan dibuka oleh Asisten lll dr Jane Simons Mkes serta dipandu oleh Kepala Dinas Kearsipan Minut Drs Sinpersli M Tapada,MSc, dan dewan juri berasal dari DPKP Provinsi Sulut dan Dinas Kearsipan Minut.

Lomba yang diikuti oleh para siswa kelas 3-5 dan berasal dari sekolah yang memiliki perpustakaan dan dikelola dengan baik. Siswa pun harus mampu menceritakan cerita rakyat Minahasa Utara dengan baik, lancar, menarik dan jelas.

Kepada sulutaktual.com, Tapada mengatakan kegiatan ini dilaksanakan agar bisa memacu minat baca para siswa SD, serta melestarikan cerita rakyat Minahasa Utara.

“Lomba ini bertujuan untuk membangkitkan minat baca para siswa serta untuk memperkenalkan cerita rakyat, khususnya cerita rakyat di Minahasa Utara supaya bisa dilestarikan ke setiap generasi, dan juga membaca terus membudaya dan bisa diturunkan budaya membaca untuk generasi berikutnya,”kata Tapada.

Lomba Bercerita ini di ikuti oleh 12 peserta, yaitu dari SD Inpres Sawangan, SD Gmim 51 paniki atas, SD MIS kalawat, SDN Airmadidi, SDN Tatelu, SDN Matungkas, SDN Kaasar, SD Tatelu Rondor, SD inpres Sawangan, SD Inpres Matungkas(2 peserta) dan SDN kolongan.

Pemenang lomba di berikan hadiah :

1.Juara 1 Tropi dan uang tunai Rp.1juta

2.Juara ll Tropi dan uang tunai Rp.750 000

3.Juara lll Tropi dan uang tunai Rp.500 000

Pemenang lomba :

Juara 1  SDN Kaasar oleh Jimmi. Sangian

Juara ll  SD Inpres Karegesan oleh Mentari Manorek

Juara lll SD Inpres karegesan oleh Monalisa Umboh.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here