Januari-Mei 2018, 4 Orang di Sangihe Terinfeksi HIV/AIDS

0
595
Kepala Dinkes Sangihe dr Jopy F Thungari MKes.

TAHUNA -Dipastikan Kabupaten Sangihe dinilai dalam posisi rawan penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV), Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) HIV/AIDS. Buktinya, setiap tahun berjalan Sangihe mengoleksi penderita HIV/AIDS. Dari data yang berhasil dirangkum di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Sangihe, dari Bulan Januari-Mei 2018 sebanyak 4 orang terinfeksi penyakit menular HIV/AIDS.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan dr Jopy Ferdinand Thungari Mkes. Dikatakannya, jumlah penderita yang terinfeksi penyaikit HIV/AIDS dari Bulan Januari-Mei 2018 sebanyak 4 orang.

“Terhitung sejak Januari-Mei 2018 sebanyak 4 orang, laki-laki 3 orang dan perempuan 1 orang menderita HIV/AIDS. Dibandingkan dengan data pada tahun 2017 lalu penderita penyakit HIV/AIDS sebanyak 10 orang, jumlah tersebut lumayan banyak,” ungkap Thungari.

Dia menjelaskan, untuk tahapan pencegahanya itu pihaknya akan melakukan Diagnosa bagi terinfeksi.

“Ke depan untuk pencegahan agar masyarakat tidak gampang terinfeksi. Kami akan melakukan Diagnosa bagi penderita yang telah terinfeksi virus HIV/AIDS,” jelasnya.

Sedangkan untuk pengobatan jelas dia lagi, akan memberikan obat jangka panjang secara gratis.

“Bagi penderita penyakit Virus HIV/AIDS ini, akan diberikan obat jangka panjang secara cuma-cuma atau gratis. Dan penyerahannya ini bekerja sama dengan RS Prof Kandow Manado,” jelasnya kembali sambil menambahkan bagi masyarakat yang belum terinfeksi Virus tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan Puskesmas di tiap wilayah untuk melakukan Sosialisasi.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here