Mie Mengandung Boraks Dimusnahkan BBPOM Manado

0
242
Proses pemusnahan yang dilakukan para pemilik mie mengandung bahan berbahaya di Kantor BBPOM Manado.

MANADO-Balai Besar Pengawasan Obat dan MakananĀ  (BBPOM) Manado memusnahkan produk mi mengandung bahan berbahaya yaitu boraks, Jumat (25/5/2018).

Disebutkan Kepala BBPOM Manado Dra Rustyawati Apt MKes Epid, bahan-bahan yang dimusnahkan adalah sejumlah produk temuan inspeksi mendadak (Sidak) pada Minggu (20/5/2018) lalu.

Di antaranya, Mie Steven, Mie Ety, Mie YY, Mie Sehati, dan Mie Sinar Anugerah.

iklan harryDi hadapan para pengusaha yang produknya dimusnahkan, Rustyawati menegaskan, pihaknya masih memberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan.

“Namun jika pada pemeriksaan berikutnya masih didapati menggunakan bahan berbahaya, BBPOM akan menempuh jalur pidana,” imbuhnya.

Rustyawati (berdiri kedua kiri) menyaksikan penandatanganan surat pernyataan komitmen oleh para pengusaha.
Rustyawati (berdiri kedua kiri) menyaksikan penandatanganan surat pernyataan komitmen oleh para pengusaha.

Disebutkan Rustyawati, dalam UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, pihak yang menggunakan bahan berbahaya dalam produk pangan untuk dipasarkan dipidana maksimal 5 tahun dan denda Rp 10 miliar.

Kegiatan pemusnahan hasil pengawasan ini turut dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Manado Ir Meisje Wollah MSi dan Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulut Hanny Wajong, serta perwakilan Dinas Kesehatan.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here