Sukses 2 Kali Lulus Akreditasi JCI, RSUP Dr Kariadi Semarang Share Ilmu di RSUP Kandou

0
645
Dirut RSUP Prof Kandou dr Maxi Rondonuwu DHSM MARS (kedua kanan), dr Agoes Poerwoko SpOG(K) (paling kanan), Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Prof Kandou dr Celestinus Munthe SpKJ MKes (kedua kiri), dan Direktur SDM dan Pendidikan Dr dr Jimmy Panelewen SpB-KBD.

MANADO-Berhasil lulus dua kali akreditasi Joint Commission International (JCI), menjadikan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Kariadi Semarang sebagai referensi pembimbing bagi RSUP Prof Kandou Manado.

Dan pada Rabu-Kamis (23-24/5/2018), tim RSUP Dr Kariadi Semarang memberikan bimbingan teknis standar akreditasi JCI bagi seluruh kelompok kerja (Pokja) akreditasi internasional RSUP Prof Kandou.

Direktur Utama RSUP Kandou dr Maxi R Rondonuwu DHSM MARS mengapresiasi tim RSUP Dr Kariadi Semarang dibawah pimpinan Direktur Medik dan Keperawatan dr Agoes Oerip Poerwoko SpOG(K). Atas kesediaan untuk memberikan Bimtek kali ini.

Suasana diskusi bersama Pokja.
Suasana diskusi bersama Pokja.

Bimtek ini, ucap Rondonuwu, wajib dimanfaatkan sebaik mungkin oleh semua Pokja. Termasuk menganalisa hal-hal yang perlu dilengkapi di RSUP Prof Kandou.

Sementara itu, Poerwoko dalam sambutannya sangat berharap RSUP Prof Kandou bisa lulus pada akreditasi JCI tahun ini.

Diakui Poerwoko, RSUP Prof Kandou memiliki kemiripan dengan RSUP Dr Kariadi. Yaitu berada di lahan sekira 19 hektar, dengan jumlah tempat tidur perawatan masing-masing 1.154 di Semarang sedangkan di Manado berjumlah 1.074.

Akreditasi RS termasuk di dalamnya JCI, kata Poerwoko, merupakan kebijakan untuk peningkatan mutu RS se-Indonesia.

iklan harryhut dirur RSUPDiharapkan, tata kelola RS dan tata kelola klinis menjadi semakin baik, dengan terakreditasi secara periodik yaitu setiap 3 tahun.

Dibeberkan Poerwoko, unsur yang dinilai dalam akreditasi JCI sebenarnya telah rutin dilakukan oleh semua elemen di RS. “Tinggal setiap personel yang ada harus lebih fokus, tidak terlena, bahkan lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang sudah menjadi tanggung jawab,” tandasnya.

Diketahui, tim yang dibawa oleh Poerwoko, terdiri dari Kabag Diklit drg Lilik Andriani MARS, Kabid Penunjang Sarana R. Eko Sadono SKp, Pj Pelayanan dan Mutu Pelayanan Rawat Jalan Sri Sulistiowati SKep Ns.

Ditambahkan Dokter Maxi, usai perayaan Idul Fitri 1439 H, bimbingan teknis kedua direncanakan dibawakan langsung oleh Direktur Utama RSUP Dr Kariadi Semarang.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here