Badan Keuangan Minut Sertifikasi Lahan Aset Pemkab Minut

0
15
Robby Parengkuan.

MINUT— Sejumlah lahan aset Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) masih banyak yang belum memiliki sertifikat. Kepala Badan Keuangan Minut Robby Parengkuan SH saat dikonfirmasi mengakui memang, masih banyak tanah milik Pemkab Minut belum memiliki sertifikat.

“Kami sedang mempersiapkan segala berkas penunjangnya yang nanti akan diserahkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN),” katanya.

Dibeberkannya, tahun lalu, pihaknya sudah mengusulkan 30 bidang tanah untuk dibuat sertifikat. Namun oleh BPN baru membuat 14 bidang, karena berkas penunjangnya yang belum lengkap. Sedangkan untuk tahun ini, kami akan mengusulkan 60 bidang tanah, untuk dibuatkan sertifikat.

“Saat ini kami sementara inventarisir lahan-lahan untuk dibuat sertifikat,” katanya. Lanjut Parengkuan, hingga saat ini, sudah ada 40 bidang tanah yang bersertifikat.

Terpisah, Anggota Komisi II DPRD Minut Josep Dengah menanggapi, dari 30 usulan untuk dibuatkan sertifikat, baru 14 yang keluar, kemungkinan ada dua kendala. “Salah satunya, berkas yang belum lengkap. Kedua, bisa saja karena pegawainya yang tidak becus bekerja sehingga menghambat proses penyelesaian sertifikat,” ujarnya.

Tetapi, kami berharap, di BPN tidak ada pegawai yang seperti itu karena sesuai perintah Presiden Jokowi, setiap pembuatan sertifikat harus cepat dilaksanakan dan melakukan pelayanan prima, serta harus sopan santun dan menunjukkan tatakrama yang baik.

Sementara itu, Kepala BPN Minut Sammy Dondokambey saat dikonfirmasi mengatakan, dari 30 bidang yang diusulkan hanya 14 yang sudah dibuatkan sertifikatnya, karena 16 lahan lainnya belum lengkap berkas.

“Tidak mungkinkan sebuah bidang tanah yang tidak lengkap berkasnya, kami langsung buatkan sertifikat. Meskipun ini adalah lahan pemerintah,” kuncinya.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here