Kodam XIII/Merdeka-Pemprov Gorontalo Canangkan Program Padat Karya

0
42
Mayjen TNI Madsuni menanam pohon serbaguna.

GORONTALO-Kodam XIII/Merdeka bekerja sama dengan Pemprov Gorontalo mencanangkan Program Kegiatan Padat Karya. Dipusatkan di Malahu Desa Ayumolingo, Kecamatan Pulubala, Sabtu (12/5/2018).

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni menuturkan, berbagai kegiatan padat karya siap dilaksanakan.

Pertama, penyediaan rumah hunian layak bagi masyarakat miskin dan pembangunan sebanyak 610 unit rumah permanen. Dengan konstruksi sederhana ukuran 30 meter persegi. Dilaksanakan secara bertahap di 6 kabupaten/kota.

Tahap I sejumlah 238 unit dan Tahap II sejumlah 372 unit.

Kedua, kegiatan pengembangan pertanian berbasis konservasi dan upaya mengurangi erosi tanah. Melalui pembuatan Teras Guludan seluas 14 hektar, penanaman tanaman tahunan dan penguat teras seluas 14 hektar, serta pengolahan tanah dengan sistem TOT (Tanpa Olah Tanah) teras seluas 14 hektar di 6 kabupaten/kota.

Ketiga, pembangunan atau peningkatan infrastruktur permukiman, pembangunan jalan aspal makadam sebagai akses pertanian  sepanjang 1.400 meter dan lebar 4 meter di Desa Pulohenti, Kecamatan Sumalata, Kabupaten Sumalata.

Keempat, pembuatan Bronjong untuk Irigasi dengan panjang 80 meter dan lebar 4 meter di Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo.

Pangdam Merdeka dan Gubernur Gorontalo membaur dengan warga.
Pangdam Merdeka dan Gubernur Gorontalo membaur dengan warga.

Kelima, pembuatan Hutan Manunggal, penanaman tanaman hutan dan MPTS (pohon serbaguna) seluas 400 hektar di Desa Ayumolingo, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo. Juga pembuatan bangunan konservasi tanah sebanyak 25 unit di sepanjang DAS (Daerah Aliran Sungai) Limboto.

Ditambahkan Madsuni, Kodam XIII/Merdeka bakal mendukung penuh Pemda untuk menyelamatkan kondisi Danau Limboto. Karena kondisinya sangat memprihatinkan karena sudah sangat dangkal.

“Kita semua berharap berbagai proyek padat karya tersebut dapat berjalan tertib, aman, lancar dan mencapai sasaran sesuai rencana. Serta dapat mendinamisasikan pembangunan infrastruktur yang berdaya guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, kita harus bekerja bersama, bahu-membahu dengan seluruh komponen masyarakat dan segenap stakeholders secara tulus dan ikhlas, untuk membangun wilayah Gorontalo tercinta ini,” tandas Madsuni, didampingi Gubernur Gorontalo Drs Rusli Habibie MAP.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here