WWF Mamahit Resmi Diganti Setio Budi Raharjo Jabat Irdam XIII/Merdeka

0
656
Pangdam melantik Kolonel Inf Setio Budi Raharjo (kanan) sebagai Irdam XIII/Merdeka.

MANADO-Inspektur Kodam (Irdam) XIII/Merdeka yang sebelumnya dijabat Kolonel Inf Wanti Waranei F. (WWF) Mamahit, kini resmi dijabat Kolonel Inf Setio Budi Raharjo.

Kolonel Inf WWF Mamahit telah dipercayakan menjabat Tenaga Ahli (TA) Pengkaji Madya Bidang Hankam Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI.

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni melantik pejabat baru tersebut saat upacara penyerahan jabatan pada Selasa (8/5/2018), di Grhadika Jaya Sakti Kodam XIII/Merdeka.

Selain Irdam, pejabat yang turut dilantik yaitu Letkol Laut (PM) Gokdin Gultom sebagai Perwira LO TNI AL di Kodam XIII/Merdeka.

Juga Letkol Donny Ardiwidha sebagai Dandeninteldam XIII/Merdeka menggantikan Letkol Kav Budiman.

Madsuni dalam sambutannya mengatakan, penyerahan jabatan dan serah terima jabatan kali ini merupakan bagian tidak terpisahkan dari tuntutan tugas. Dan dinamika organisasi TNI AD, khususnya di lingkungan Kodam XIII/Merdeka.

Pangdam melantik Letkol Laut (PM) Gokdin Gultom sebagai Perwira LO TNI AL Kodam XIII/Merdeka.
Pangdam melantik Letkol Laut (PM) Gokdin Gultom sebagai Perwira LO TNI AL Kodam XIII/Merdeka.

Dimaksudkan untuk memelihara ritme, meningkatkan kualitas kinerja, serta jalannya pembinaan satuan di lingkungan Kodam XIII/ Merdeka.

Antara lain dengan mengisi kekosongan jabatan Irdam karena pejabat lama telah pindah satuan. Sekaligus membangun suasana baru, semangat penyegaran, maupun kreativitas pemikiran. Guna menjaga keefektifan pelaksanaan tugas serta regenerasi pejabat teras Kodam XIII/Merdeka.

Kepada Kolonel Inf Setio Budi Raharjo, Pangdam berpesan, Irdam memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan bidang umum dan perbendaharaan, guna tertibnya administrasi satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka.

Selain itu, Irdam juga bertugas memberikan bahan untuk menyusun rencana, program serta memberikan saran atau pertimbangan kepada Pangdam/Kasdam. Terkait pendayagunaan sumber daya yang ada.

Karena itu, pejabat Irdam yang baru dituntut mampu memahami dan melaksanakan fungsinya secara maksimal. Sehingga fungsi Wasrik yang selama ini telah berjalan dengan baik, dapat lebih ditingkatkan, mewujudkan konsistensi dan optimalisasi pelaksanaan program satuan di jajaran Kodam XIII/Merdeka.

Termasuk membantu Komando Atas mewujudkan Laporan Keuangan WTP

Bagi Letkol Laut (PM) Gokdin Gultom, Pangdam mengingatkan, Perwira LO TNI AL mempunyai tugas dan tanggung jawab mengomunikasikan, menyelenggarakan, serta mengoordinasikan kegiatan Kodam XIIl/ Merdeka dengan Komandan Satuan jajaran TNI AL yang ada di wilayah kerja Kodam XIIl/Merdeka. Dalam rangka pembinaan potensi Bidang Kemaritiman untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

Juga membantu Kodam XIIl/Merdeka dalam perencanaan, pengendalian dan pengawasan terhadap pelaksanaan operasi dan kegiatan aspek pertahanan di wilayah kerja Kodam XIIl/Merdeka.

Pangdam memasang tanda kepangkatan bagi Letkol Donny Ardiwidha sebagai Dandeninteldam.
Pangdam memasang tanda kepangkatan bagi Letkol Donny Ardiwidha sebagai Dandeninteldam.

Selanjutnya, Letkol Donny Ardiwidha sebagai Dandeninteldam memiliki tugas melaksanakan kegiatan dan operasi intelijen. Dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok Kodam XIII/ Merdeka.

Kekhususan kegiatan intelijen ini menuntut kemampuan spesifik sebagai mata dan telinganya Komando, menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis dan kompleks.

“Dengan demikian, Dandenintel harus mampu memacu kinerja satuannya. Agar fungsi penyelidikan, pengamanan, penggalangan, serta kemampuan deteksi dan cegah dini dalam menghadapi tugas ke depan, dapat semakin optimal,” pungkasnya.

Hadir dalam upacara tersebut, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP MSi beserta jajaran, Danrem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Subiyanto, Danrem 133/Nani Wartabone, Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Aminton Manurung beserta jajaran.

Ada juga para Staf Ahli, Asisten dan Kabalak Dam XIII/Merdeka serta LO AU dan AL, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XIII/Merdeka beserta para pengurus, para Komandan Satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka, para prajurit dan PNS Kodam XIII/ Merdeka.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here