Ketua Komisi V DPR RI Puji Terobosan Pemerintahan Gahagho Di Sangihe

0
55
Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis bersama rombongan ketika melakukan Kunker ke Sangihe yang langsung disambut Bupati Jabes E Gaghana SE ME dan Wakil Bupati Helmud Hontong SE.

MINUT– Kunjungan kerja ke Kabupaten Sangihe pada Selasa (1/5/2018) kemarin, rupanya memberi kesan khusus bagi Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis.
Terbukti, Fary terus memuji terobosan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME yang didampingi Wakil Bupati Helmud Hontong SE (Gahagho) yang dinilai sangat baik.

“Saya kemarin ke Sangihe. Ada tiga terobosan Bupati Sangihe yang saya acungi jempol dan saya ingat-ingat sampai sekarang,” kata Fary di sela-sela peresmian pusat pelatihan perikanan pemuda tani Sulawesi Utara (Sulut) di Desa Warukapas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Rabu (2/5/2018) sore.

Ketiga program yang dimaksud yaitu gerakan 2 hari tanpa nasi yang dinilai mampu menghemat biaya pengeluaran rumah tangga.

“Jadi di Sangihe, ada program dua hari dalam satu minggu itu tidak mengkonsumsi nasi. Ini sangat baik, karena dokter juga menyarankan kalau ingin sehat kurangi makan nasi. Dan dengan program mengurangi konsumsi nasi, dalam sebulan masyarakat Sangihe bisa berhemat anggaran sampai satu miliar lebih,” ujar Fary.

Program kedua yang dipuji Fary yaitu program Me’Daseng, yaitu dalam dua hari bupati dan wabup serta jajaran, menginap di rumah-rumah warga, mendengarkan langsung keluh kesah warga serta menyalurkan sejumlah bantuan.

“Program ini baik diterapkan oleh pemimpin di daerah lain, sehingga benar-benar harapan warga itu didengar langsung,” kata Ketua Fraksi Gerindra di DPR RI itu.

Hal ketiga yang dipandang baik oleh Fary yaitu lingkungan yang asri, dimana pegunungan masih hijau dan dirawat dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat Sangihe.

“Pariwisata di Sangihe berkembang namun lingkungannya tetap hijau, gunungnya tidak dibabat. Artinya apa? Kita semua bisa mengembangkan sesuatu tanpa mengorbankan alam. Itu penting,” imbuh Fary.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here