Buka Festival Tabadine, Gaghana Harapkan Jadi Iven Tahunan

0
120
Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME bersama Wakil Bupati Helmud Hontong SE dan Ketua DPRD Sangihe Benhur Takasihaeng SE ketika menghadiri Festival Tabadine.

TAHUNA– Sebagai sebuah kegiatan pelestarian seni dan budaya Sangihe, di Kampung Bakalaeng, Rabu (2/5/2018) Kecamatan Manganitu, diselenggarakan Festival Seni Budaya Tawoali Bakalaeng Pedine (Tabadine). Kegiatan yang diagendakan sampai beberapa hari kedepannya itu, akan disemarakkan dengan rangkaian Pagelaran Seni Tradisional, Olahraga Tradisional, Pawai Perahu Tradisional, serta Pameran Seni Budaya Nusantara.

Awal acara tersebut diperingati pula Upacara Bendera dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2018. Bertindak sebagai Pembina Upacara, Bupati Jabes E. Gaghana, yang dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Kepulauan Sangihe, adalah daerah yang kaya akan nilai-nilai budayanya, sehingga Pemerintah Daerah akan selalu mendukung program pelestarian kebudayaan yang digagas oleh masyarakat.

“Festival ini kiranya dapat menjadi agenda tahunan. Pemerintah sangat mendukung kegiatan berkebudayaan di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Sebagaimana kita ketahui dan alami bersama, daerah kita sangat kaya akan nilai kebudayaannya,” ungkap Gaghana.

Lebih lanjut Gaghana yang didampingi Wakil Bupati Helmud Hontong SE,  mengemukakan bahwa ada beragam hal atau nilai-nilai kemanusiaan yang dapat digali dari beragam karya seni dalam kegiatan kebudayaan.

“Bentuk-bentuk Kesenian, baik berupa lukisan, melalui tema-tema yang termuat di dalamnya kita bisa belajar banyak, dari segi keindahan, bahkan nilai yang terkandung di dalamnya, merupakan semangat untuk membangun peradaban,” tegasnya kembali.

Ditambahkannya pula bahwa, sebuah bangsa yang kehilangan kreativitasnya akan  digulung oleh kemajemukan global.

“Semoga langkah masyarakat dan para seniman di daerah ini, selalu menjadi bagian dari pembangunan bangsa,” imbuh Gaghana.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here