Pagelaran Seni dan Budaya Sawangan Jadi Daya Tarik Wisata

0
77
Pembukaan Pagelaran Seni dan Budaya ditandai dengan pemukulan tetengkoren, Selasa (1/5/2018).

MINUT—Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara (Minut) terus menggenjot berbagai iven wisata. Hal ini dilakukan sebagai perwujudan dari visi dan misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara, yakni menjadikan Kabupaten Minut sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Pagelaran Seni Budaya Sawangan digelar di Desa Sawangan, Kecamatan Airmadidi, dan dilaksanakan di objek wisata Waruga, Selasa (1/5/2018) siang.

Pagelaran Seni Budaya Sawangan tersebut di meriahkan oleh Tari Katreli SD Inpres Sawangan, Katreli SDN Sawangan, Musik Kolintang dari Sangar Legacy dan SMP Negeri 3 di Sawangan, serta Tari Kabasaran dari Wanua Sawangan dan Tanggari.

Kepala Dinas Pariwisata Minut Theodora Luntungan yang mewakil Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan  sangat mengapresiasi akan pelaksanaan kegiatan Pagelaran Seni Budaya ini.

Kadis Pariwisata Theodora Luntungan, Kumtua Sawangan Stendry Wangke, bersama petinggi adat dan personel tarian kabasaran.
Kadis Pariwisata Theodora Luntungan, Kumtua Sawangan Stendry Wangke, bersama petinggi adat dan personel tarian kabasaran.

“Sosialisasi dan pemeliharaan situs-situs budaya serta iven-iven budaya di Minut harus dilakukan untuk menunjang program pemkab,“kata Luntungan, di dampingi Panglima Besar Waraney Tanah Toar Lumimuut Audy Jiimmy Malonda.

Luntungan berharap, Desa Sawangan terus mempertahankan potensi pariwisata dan budayanya karena sebagai desa wisata, Desa Sawangan banyak dikunjungi wisatawan nusantara maupun mancanegara,

“Kami akan membantu mempromosikan di berbagai biro-biro perjalanan untuk  kegiatan yang dilakukan saat ini,” tukasnya.

Menurut Hukum Tua (Kumtua) Desa Sawangan Stendry Wangke SH yang didampingi Sekdes Carles Kaseger mengatakan, kegiatan ini sudah dua kali dilaksanakan, dan telah masuk kalender iven bulanan Desa Sawangan.

“Kami berharap, pagelaran ini akan terus menanrik perhatian wisatawan, serta bisa menambah hasil BUMDes,” harapnya.

Ketua Panitia Pengelaran Seni dan Budaya Welly Mantiri dalam kesempatan yang sama mengatakan kegiatan ini untuk pelestarian budaya adat khusus Waruga Wanua Sawangan. “Dan kegiatan saat ini, dianggarkan lewat BUMDes Sawangan,” pugkasnya.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here