Pemkab Minut Tandatangani MoU Dengan LAN RI Soal Laboratorium Inovasi

0
225
Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan saat bertukar cinderamata dengan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Dr. Adi Suryanto.

MINUTLaboratorium Inovasi merupakan program kerjasama Lembaga Administrasi Negara (LAN) dengan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah yang bersifat pendampingan, asistensi, dan fasilitasi terhadap penumbuhkembangan semangat dan aksi nyata dalam berinovasi. Program ini sangat penting untuk dilakukan dalam rangka peningkatan dan pengembangan inovasi di instansi pemerintah.

Rabu (25/4/2018) pagi, Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara menggelar Laboratorium Inovasi Tahap Drum-Up, Diagnose dan Design, Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah yang akan berlangsung di Bappelitbang Minut dari tanggal 25 – 27 April 2018.

Penandatanganan nota kesepahaman MOU antara Pemkab Minut dengan LAN RI.
Penandatanganan nota kesepahaman MOU antara Pemkab Minut dengan LAN RI.

Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Dr. Adi Suryanto didampingi Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan Kepala Inovasi Tata Pemerintahan Dr. Andi Taufik MSi, membuka langsung dimulainya Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah yang merupakan Program Prioritas Nasional 2018.

Kepala Pusat Inovasi Tata Pemerintahan LAN RI Dr Andi Taufik dalam penjelasannya diawal acara mengatakan, Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah merupakan Program Prioritas Nasional 2018 dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN). Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM). Dan dari sebanyak 514 Kabupaten/Kota di Indonesia, telah terpilih 11 Kabupaten/Kota yang akan dilaksanakan program ini.

Foto Bersama usai acara penandatanganan.
Foto Bersama usai acara penandatanganan.

“ Kabupaten Minut adalah salah satu dari 11 Kabupaten/Kota di Indonesia yang terpilih untuk dilaksanakan program ini. Dan kesebalas Kabupaten/Kota ini berada diluar Pulau Jawa. Hal ini patutlah disyukuri,” kata Andi Taufik.

Bupati Vonnie Anneke Panambunan dalam sambutannya menungkapkan rasa bersyukurnya apresiasi yang setingi-tingginya kepada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Minahasa Utara sebagai satu-satunya Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara yang terpilih.

” Saya mengucapkan terima kasih kepada Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Minahasa Utara dalam pelaksanaan Laboratorium Inovasi, Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah. Harapan saya, semua kepala dan pimpinan instansi untuk bisa mengikutinya dengan baik agar bisa meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat”, ungkap Bupati Vonnie Anneke Panambunan.

Sementara, Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Dr. Adi Suryanto dalam penyampaiannya mengatakan, Pemerintah RI berkeinginan untuk membuat World Class Inovation, akan tetapi ini sangat sulit diwujudkan jika kualitas birokrasi yang kita miliki sangat rendah.

Penandatangan Komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara “Kami Siap Berinovasi”.
Penandatangan Komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara “Kami Siap Berinovasi”.

“ Disadari atu tidak, kita dihadapkan dengan situasi kompetisi dengan Negara-negara lain di dunia diberbagai aspek. Untuk bisa mengimbanginya, kita perlu berinovasi. Kita sebagai Aparatur Sipil Negara, selain menjalankan tugas dan tanggung jawab tentunya harus berinovasi, melakukan perubahan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat,karena inovasi sudah merupakan kebutuhan,” kata Dr. Adi Suryanto.

Pembukaan Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintahan Dalam Meningkatkan Daya Saing yang diikuti oleh Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Kepala SKPD dan ASN Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara di rangkaikan juga dengan penandatanganan nota kesepahaman MOU dengan Komitmen Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara “Kami Siap Berinovasi”.

(Budi/ADV)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here