Danrem 131/Santiago: Selamat Hari Jadi Persit Kartika Chandra Kirana

0
106
Brigjen TNI Joseph Robert Giri dan istri memotong nasi tumpeng.

MANADO-Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka bersama jajaran Persit Cabang dan Anak Ranting, memperingati HUT ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana, Rabu (18/4/2018).

Kegiatan dipusatkan di Aula Makorem 131/Santiago.

Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP MSi yang juga Pembina Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka hadir pada peringatan tersebut.

Dalam sambutannya, Danrem mengucapkan selamat hari jadi ke-72 kepada segenap warga Persit Kartika Chandra Kirana. Khususnya di jajaran Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka.

Danrem menyerahkan hadiah kepada anggota Persit Koorcab Rem 131 yang juara lomba tingkat Kodam XIII/Merdeka.
Danrem menyerahkan hadiah kepada anggota Persit Koorcab Rem 131 yang juara lomba tingkat Kodam XIII/Merdeka.

Dengan harapan, peringatan HUT kali ini dapat dijadikan pengobar semangat dan pembangkit motivasi pengabdian ibu-ibu sekalian. Baik dalam berorganisasi, dalam kapasitas sebagai ibu rumah tangga, serta dalam kehidupan sebagai masyarakat.

Peringatan hari jadi kali ini hendaknya juga menjadi momentum yang baik bagi Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka.

Untuk melakukan evaluasi dan introspeksi diri atas apa yang telah dilakukan selama satu tahun ini. Serta lebih meningkatkan kualitas pengabdian ibu-ibu dalam berorganisasi dan mendukung tugas-tugas suami.

Danrem dan Kasrem didampingi para Kasi, Dandim, dan Kabalak, saat peringatan HUT ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana.
Danrem dan Kasrem didampingi para Kasi, Dandim, dan Kabalak, saat peringatan HUT ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana.

Satu hal yang perlu dipahami oleh setiap anggota Persit, yakni bagaimana merancang dan melaksanakan program organisasi, dalam kedudukannya sebagai pengurus organisasi dan sebagai istri prajurit.

“Dalam konteks ini, ibu-ibu tentu harus mampu berperan secara optimal dalam dua posisi, baik sebagai anggota atau pengurus organisasi dan sebagai ibu rumah tangga,” ujar Robert.

Kedudukan sebagai istri yang bertugas membina keluarga, katanya, sangat mempengaruhi kelancaran tugas-tugas suami sehari-hari.

Begitu pula sebagai anggota organisasi, ibu-ibu diharapkan dapat berperan secara optimal. Sehingga Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 131 PD XIII/Merdeka benar-benar dapat membantu menciptakan kondisi kondusif bagi pelaksanaan tugas-tugas satuan.

Karena itu, segenap anggota Persit senantiasa dituntut mampu meningkatkan perannya sebagai istri prajurit, anggota organisasi dan warga masyarakat.

Di mana peran ganda yang harus dijalankan oleh setiap anggota Persit ini, hendaknya tidak dianggap sebagai beban. Namun sebaliknya diterima sebagai suatu kehormatan dan kebanggaan.

Beberapa harapan tersebut, tentu sangat tepat apabila dikaitkan dengan tema HUT ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana tahun ini. Yakni, “Dengan Dilandasi Keimanan dan Ketaqwaan Persit Kartika Chandra Kirana Bertekad untuk Meningkatkan Potensi Diri, Kesehatan dan Pendidikan Keluarga serta Kreativitas Prajurit guna Mendukung Tugas TNI AD”.

Makna tema ini memiliki relevansi cukup erat dengan permasalahan yang sedang dihadapi saat ini.

“Tema ini bukan saja harus dipahami dan dimengerti secara benar, namun juga wajib diaktualisasikan secara nyata di lapangan. Sehingga tugas dan peran Persit Kartika Chandra Kirana sebagai organisasi istri prajurit dapat diwujudkan,” sebutnya.

Danrem 131/Santiago pun mengingatkan kepada ibu-ibu tentang betapa pentingnya memperhatikan dan mendahulukan pendidikan putra-putrinya di atas kepentingan lainnya.

Karena putra putri kita adalah aset yang sangat berharga. Baik bagi keluarga maupun bagi bangsa dan negara.

Ingatlah, bekal yang paling berharga bagi putra-putri kita bukanlah harta benda. Namun pendidikan bermutu berupa pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan.

Selain itu, menyiapkan masa depan putra-putri adalah bagian dari amanah Tuhan Yang Maha Kuasa. Sekaligus juga tanggung jawab kita sebagai orang tua.

“Mudah-mudahan, kekhawatiran para orangtua terkait semakin merebaknya berbagai kasus penyalahgunaan obat terlarang (Narkoba), pergaulan bebas, dan perilaku-perilaku menyimpang lainnya, dapat dicegah secara lebih dini. Dirgahayu Persit Kartika Chandra Kirana,” pungkasnya.

Kegiatan HUT berlangsung sederhana tersebut, diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Himne Persit. Diakhiri pemberian hadiah kepada pemenang lomba olahraga tingkat Kodam XIII/Merdeka.

Kegiatan HUT Persit Koorcab Rem 131 PD XIII/Merdeka dan jajaran, dilaksanakan setelah pelaksanaan tingkat Pusat dan Kodam.

Turut hadir, Ketua Persit Koorcab Rem 131 beserta seluruh ibu-ibu Persit sejajaran Korem 131/Santiago, Kasrem 131/Santiago, para Kasi Korem, para Dandim dan Kabalak sejajaran Korem 131/Santiago.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here