Hanna Monareh: Stop Bully Anak Autis!

0
157
Hanna Monareh MPsi Psikolog, Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Wilayah Sulut.

MANADO-Stop mem-bully anak-anak autis. Karena autis bukan penyakit. Hal tersebut ditegaskan Hanna Monareh MPsi Psikolog yang adalah Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Wilayah Sulawesi Utara.

Menurutnya, setiap anak punya hak sama dalam memperoleh pendidikan berkualitas untuk menggapai cita-citanya. Hak itu juga dimiliki anak-anak autis.

Karena itu, tidak semua anak autis cukup bersekolah di sekolah luar biasa (SLB) atau Pusat Layanan Autis (PLA). Mereka juga bisa mengenyam pendidikan di sekolah reguler.

Stigma negatif sebagian masyarakat terhadap anak autis, ujar Monareh, itu salah. Karena autis bukan penyakit menular yang harus dijauhi.

Jika anak autis ditangani secara benar, pasti dia dapat menunjukkan prestasi gemilang dibalik spesialnya anak berkebutuhan khusus.

Di sisi lain, lanjut Monareh, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia mengapresiasi Pemprov Sulut melalui Dinas Pendidikan Daerah. Yang terus memperjuangkan terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) tentang anak berkebutuhan khusus.

Diharapkan, metode dan pendanaan bagi penanganan dan pendidikan anak berkebutuhan khusus di Bumi Nyiur Melambai, akan menjadi lebih baik.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here