Diduga Banyak THL Dadakan Ikuti Fit And Proper tes

0
99
Sekda Sangihe Edwin Roring SE ME.

TAHUNA -Pelaksanaan fit and proper tes (FPT) untuk tenaga harian lepas (THL) atau honor daerah di lingkup Pemkab Sangihe di pekan lalu, menimbulkan berbagai tanda tanya, baik dari THL yang sudah mengabdi beberapa tahun terakhir hingga berbagai elemen masyarakat yang ada.

Pasalnya dari 1048 peserta yang mengikuti FPT yang digelar sehari di Auditorium Politeknik Nusa Utara tersebut, ditemui ada sejumlah wajah baru THL yang belum pernah mengabdi justru mengikuti pelaksanaan FPT.

“Kami bertanya-tanya terkait dengan banyaknya wajah-wajah baru yang ikuti FPT, padahal selama ini sejumlah wajah baru tersebut tidak pernah diketahui kalau mereka adalah THL di isntansi pemerintah manapun,” sembur sejumlah THL lainnya.

Lebih lanjut sejumlah THL tersebut menyatakan pelaksanaan FPT ini sendiri dilakukan untuk mengurangi jumlah THL yang kian banyak serta membebani APBD.

“Kalau benar pelaksanaan FPT ini dalam upaya mengurangi jumlah THL yang dinilai tidak memiliki produktifitas dalam melaksanakan pekerjaan, kenapa justru ada banyak wajah baru dalam pelaksanaan FPT ini,” sembur mereka kembali.

Sekretaris Daerah Edwin Roring SE ME menyatakan untuk jumlah THL yang ikuti FPT sesuai data dari BKDD. Dan saat ini Pemkab Sangihe sedang melakukan pemetaan potensi keberadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan THL.

“Soal pengurangan THL itu nanti melihat hasil penataan THL. Apakah yang sudah over di suatu OPD dipindahkan ke OPD lain ataupun harus dirumahka,” singkat Silangen sambilĀ  menyatakan saat ini pemerintah daerah terus berupaya menata birokrasi di Pemkab Sangihe.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here