Yonif Raider 712/Wiratama Resmi Dibawah Komando dan Kendali Kodam XIII/Merdeka

0
574
Mayjen TNI Madsuni memeriksa pasukan sebelum upacara.

MANADO-Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 712/Wiratama resmi berada dibawah komando Pangdam XIII/Merdeka. Ditandai penyerahan tunggul dari Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri kepada Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni, saat upacara Alih Komando dan Kendali (Kodal) di Makoyonif Raider 712/Wiratama, Sabtu (14/4/2018).

Mayjen TNI Madsuni mengatakan, Yonif Raider 712/Wiratama disiapkan sebagai satuan pemukul Kodam XIII/Merdeka.

Mayjen TNI Madsuni (kiri) menerima tunggul Yonif Raider 712/Wiratama dari Brigjen TNI Joseph Robert Giri.
Mayjen TNI Madsuni (kiri) menerima tunggul Yonif Raider 712/Wiratama dari Brigjen TNI Joseph Robert Giri.

“Hal ini telah diprogramkan sejak lama. Bersamaan dengan pengaktifan kembali Kodam XIII/Merdeka pada 20 Desember 2016,” sebutnya.

Lanjut Madsuni, alih Kodal ini adalah bagian grand design upaya penataan organisasi TNI AD. Dalam kerangka ‘Pembangunan Kekuatan Pokok Minimum’, yang dilaksanakan atas dasar konsep pertahanan sesuai kebijakan strategis TNI AD 2010–2029.

Mayjen TNI Madsuni (kiri) dan Brigjen TNI Joseph Robert Giri.
Mayjen TNI Madsuni (kiri) dan Brigjen TNI Joseph Robert Giri.

Selain untuk memendekkan rentang kendali, alih Kodal ini juga dimaksudkan meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional satuan jajaran Kodam XIII/Merdeka. Agar mudah dioperasionalkan setiap saat guna mendukung tugas pokok Kodam.

Sebagai gantinya, akan segera dibentuk batalyon infanteri baru dibawah kendali Korem 131/Santiago. “Direncanakan dibangun di Sangihe, sekaligus diproyeksikan untuk memperkuat gelar pasukan di daerah perbatasan,” tandas mantan Danjen Kopassus ini.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here