Dampingi Gubernur Olly, Bupati VAP Kunjungi Tempat Pemrosesan Sampah Regional di Wori

0
46
Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) ysng mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dan Kapolda Sulawesi Utara Bambang Waskito saat sosialisasi Tempat Pemprosesan Sampah Regional di Wori.

MINUT- Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE didampingi Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) mengunjungi Kampung Ilo-Ilo Desa Wori Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara., Selasa (3/4/2018). Ditempat ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara berencana akan membangun tempat Pemrosesan Sampah Regional.

Saat melakukan sosialisasi terkait rencana ini,  Gubernur Sulut yang didampingi VAP mengatakan, tempat pemprosesan sampah regional merupakan Tempat Pengolahan Akhir (TPA) sampah yang yang datang dari berbagai tempat di Sulawesi Utara.

“Nantinya sampah-samah tersebut akan dikumpulkan untuk dilakukan proses pemusnahan secara tepat guna, yakni dikelola untuk menjadi energi listrik yang nantinya bisa berguna bagi masyarakat, murah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tukas Gubernur saat melakukan tatap muka bersama warga masyarakat Wori dalam rangka pembangunan lokasi sekolah polisi dan tempat pembuangan sampah industry.

Lanjut dikatakan gubernur, teknologi pengolahan sampah ini akan dilengkapi sarana pengendalian pencemaran, baik air maupun udara yang di klaim aman terhadap lingkungan dan sudah terbukti digunakan di Negara-negara  maju seperti di Perancis dan Jepang.

“TPA sampah di Wori ini nantinya di jamin jauh lebih bersih dibanding TPA Sumompo yang dipergunakan saat ini, karena disini sampah dikumpulkan untuk dikelola menjadi energi listrik, bukan ditumpuk sehingga membusuk dan menyebabkan pencemaran,” tukas Gubernur Olly Dondokambey SE sembari menambahkan sangat bersyukur karena dari 34 provinsi dan 540 kabupaten di Indonesia hanya 10 daerah yang mendapat bantuan pengelolaan sampah terintegrasi, salah satunya adalah Sulut.

Sementara, Bupati VAP dalam penyampaiannya memberikan dukungannya atas rencana dibangunnya Tempat Pemprosesan Sampah Regional di Wori.

“Saya sangat mendukung rencana pembangunan Tempat Pemprosesan Sampah Regional yang merupakan industri pengolahan sampah untuk di proses menjadi energi listrik yang tentunya sangat berguna bagi masyarakat. Minahasa Utara akan memiliki teknologi industri pengolahan sampah yang canggih.  Untuk itu saya berharap kepada masyarakat juga untuk ikut mendukung rencana Pemerintah Provinsi dalam usaha meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara pada umumnya dan masyarakat Minahasa Utara khususnya,” tukas Bupati pilihan rakyat Minut ini.

Dalam kesempatan ini, turut hadir juga Kapolda Sulawesi Utara Bambang Waskito,  Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen SE ME, Kapolres Minut AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH,  Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Utara Ir. Jemmy Hengki Kuhu MA dan masyarakat Wori.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here