Dandes Bangun Infrastruktur Jalan dan Drainase, Desa Kaima Genjot Potensi Perkebunan

0
40
, Hukum Tua (Kumtua) Desa Kaima Meydi Kumaseh SE.

MINUT— Desa Kaima, Kecamatan Kauditan Minahasa Utara (Minut) memiliki potensi perkebunan yang sangat besar. Sebab, dari luas wilayahnya sekira 886,6 hektar, lahan perkebunan terbentang seluas 761,6 hektar, sedangkan sisanya 21 hektar adalah lahan permukiman

Melihat potensi perkebunan yang begitu besar, Hukum Tua (Kumtua) Desa Kaima Meydi Kumaseh SE mengatakan bahwa , dana desa (dandes) akan dipriorotaskan untuk menunjang bidang pertanian dan perkebunan.

“Melihat potensi besar di bidang pertanian dan perkebunan di Desa Kaima, serta menjawab keinginan petani yang juga merupakan mayoritas warga, dandes akan diprioritaskan untuk membangun infrastruktur pertanian dan perkebunan. Yakni jalan perkebunan dan drainase,” tukas Kumaseh.

Untuk diketahui  salah satu hasil perkebunan terbanyak dari Desa Kaima adalah kopra, selanjutnya, cengkih, pala dan jagung. Selain itu juga, ada petani yang mengembangkan budidaya ikan air tawar.

Ditambahkan Sekdes Ronny Pangemanan, puluhan tahun lalu, jalan perkebunan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki ataupun bisa menggunakan roda dengan waktu yang cukup lama.

“Tetapi sekarang, tidak lagi. Malahan bisa mengggunakan kendaraan dan waktu tempuh semakin cepat. Untuk itu, prioritas pembangunan desa, yakni infrastruktur pertanian,” pungkasnya.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here