Dinas Kehutanan Sulut Gelar Sosialisasi PTKH, Bupati Vonnie Panambunan Beri Apresiasi

0
106
Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan memberikan sambutan saat sosialisasi PTKH, Rabu (21/3/2018) kemarin.

MINUT— Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara menggelar sosialisasi inventarisasi dan verifikasi Penguasaan Tanah dalam Kawasan Hutan (PTKH) yang di selenggarakan Hotel Sutan Raja Minut pada Rabu (21/03/2018). Kegiatan sosialisasi ini merupakan kerjasama antara Pemkab Minahasa Utara dan Dinas Kehutanan Provinsi Sulut.

Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan (VAP) yang ikut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini, dalam sambutannya memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Sosialisasi ini sangat penting dilakukan di Minut. Karena memang daerah kita masih banyak lahan hutan,” kata VAP sapaan akrab Panambunan.

Dirinya pun berharap agar melalui sosialisasi yang dilakukan Dinas Kehutanan Sulut ini, diharapkan semua hutan di Minut dapat terinventarisasi dan terverifikasi.

“Ini merupakan penataan aset dan akses penggunaan serta pemanfaatan sumber daya agraria untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Lanjut disampaikannya, bahwa kegiatan ini juga menjadi prioritas untuk mewujudkan program reforma agraria yang akan dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yakni penataan penguasaan dan pemilikan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dalam kawasan hutan negara.

“Oleh sebab itu, pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 88 Tahun 2017 tentang penyelesaian penguasaan tanah dalam kawasan hutan yang bertujuan untuk menyelesaikan dan memberikan perlindungan hukum atas hak-hak masyarakat yang menguasai tanah dikawasan hutan,” pungkasnya.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here