Orang Tua dan Guru Benteng Utama Keluarga Tangkal Narkoba

0
109
Ny Atie Ganip Warsito bersama peserta ceramah tentang bahaya narkoba.

MANADO– Bahaya peredaran narkoba dan dampak yang ditimbulkan, patut diwaspadai semua kalangan. Terlebih kalangan pelajar di daerah ini. Hal itu ditegaskan Ketua Dharma Pertiwi Daerah Merdeka Ny Atie Ganip Warsito yang juga Ketua Persit KCK Daerah XIII/Merdeka, saat membawakan ceramah kepada siswa-siswi SMP dan SMA se-Kota Manado, Kamis (8/3/2018) lalu.

Dirinya menekankan bahaya laten narkoba saat ini, sedang merambah usia produktif dan kelompok generasi muda. Narkoba merusak kesehatan, moralitas, juga menyebabkan kematian.

Ny Atie Ganip Warsito membawakan materi.
Ny Atie Ganip Warsito membawakan materi.

“Saya ajak kita semua peduli terhadap nasib generasi muda untuk mencegah mereka berhubungan dengan narkoba, jauh dari penularan virus HIV/AIDS, bahkan gangguan jiwa akibat pergaulan bebas,” sahut Atie kepada para audiens, yang dihadiri juga anggota Dharma Pertiwi Daerah Merdeka dan anggota Persit KCK Daerah XIII/Merdeka.

Atie juga meminta orang tua, para guru, dan komponen terkait dengan dunia pendidikan supaya turut serta dalam upaya bersama memerangi narkoba. Perlawanan terhadap narkoba, katanya, dapat dimulai dari lingkungan keluarga. Dengan mewaspadai dampak negatif penggunaan handphone berbasis android bagi anak-anak.

Peserta ceramah yang memadati Grahadika Jaya Sakti Kodam XIII/Merdeka, juga mendengarkan pengarahan oleh Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito.

“Ceramah tentang bahaya narkoba sangat relevan dengan upaya pemerintah. Yaitu keluar dari kondisi darurat narkoba yang disandang Indonesia,” imbuhnya.

Jenderal bintang dua ini pun prihatin dengan banyaknya kasus kriminal dan kematian pada kelompok usia potensi. Yang diketahui disebabkan kecanduan penggunaan narkoba, obat keras dan terlarang lain, termasuk akibat menghirup lem ehabon.

Pengurus Dharma Pertiwi Daerah Merdeka dan Persit KCK Daerah XIII/Merdeka komitmen mendukung prestasi tanpa narkoba bagi generasi muda.
Pengurus Dharma Pertiwi Daerah Merdeka dan Persit KCK Daerah XIII/Merdeka komitmen mendukung prestasi tanpa narkoba bagi generasi muda.

Warsito berharap, Badan Narkotika Nasional (BNN), kepolisian, aparat hukum lain, guru, dan orang tua, untuk memikirkan strategi teknis dan non teknis menangkal ancaman ini. Dapat juga melakukan pendekatan kerohanian dan kekeluargaan.

“Ibu-ibu juga berperan sebagai benteng utama dalam menangkal keluarga dari penggunaan narkoba,” pungkasnya.

Kegiatan ceramah ini merupakan bagian perayaan HUT ke-54 Dharma Pertiwi. Dan HUT ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana Tahun 2018.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here