Yanti Putri: Penegakan Perda Harus Ada Kerjasama dan Kordinasi Antar Instansi

0
46
Kabaghumas Manado Yanti Putri.

MANADO– Penegakan Peraturan Daerah (Perda) yang gencar dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota dalam beberapa bulan terakhir ini membawa hasil yang baik.

Kerja keras Tim Satgas Penegakan Perda dengan melakukan aksi Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan sidang ditempat bagi pelanggar Perda 7 tahun 2006 (Pengelolaan Sampah), penegakan Perwako no 4 tahun 2018 (Penataan dan Penindakan Parkir) serta penegakan Perda 18 tahun 2002 (tentang ketentraman dan ketertiban) terhadap pedagang yang memakai fasilitas publik (trotoar) untuk dijadikan tempat berdagang/parkir liar/pangkalan ojek, patut diacungi jempol.

“Penegakan Perda butuh kordinasi dan kerja sama antar intansi terkait. Kegiatan OTT dan penertiban yang dilakukan oleh Tim Satgas Penegakan Perda, haruslah dilanjutkan oleh instansi terkait,” tukas Kepala Bagian Hukum Setdakot Manado Yanti Putri SH MH.

Lanjut dijelaskan Yanti, tindakan lanjutan yang diambil adalah, pada saat Tim Sargas Penegakan Perda selesai menertibkan suatu lokasi publik yang dipakai untuk berdagang/parkir liar, instansi terkait pun harus menjaga agar lokasi tersebut tidak ditempati lagi untuk dipakai berjualan.

“Hal ini memang butuh kordinasi dan kerja sama antar instansi, agar apa yang telah dilakukan oleh Tim Satgas Penegakan Perda tak menjadi sia-sia. Seharusnya, usai Tim Satgas Penegakan Perda melakukan penertiban/pembersihan, instansi terkait seperti Kelurahan, Kecamatan atau Satpol PP menindaklanjutinya dengan menjaga dan memantau lokasi tersebut agar pedagang yang dulunya berjualan di lokasi tersebut, tidak kembali berjualan ditempat itu,” jelasnya.

 Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Tim Penegakan Perda telah melakukan penertiban pedagang di wilayah Kecamatan Wanea. Akan tetapi, pantauan sulutaktual.com, Senin (12/3/2018) siang tadi, lokasi tersebut kembali digunakan untuk berjualan.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here