Rp 3,160 Miliar Pengadaan Kapal Penumpang Antar Pulau

0
248
Kepala Dinas Perhubungan Sangihe Jacky Kumontoy.

TAHUNA -Upaya untuk menjadikan Kabupaten Kepulauan Sangihe terhubung antar pulau terus dilakukan oleh pemerintahan Jabes E Gaghana SE ME dan Helmud Hontong SE. Buktinya setelah meluncurkan KM Sangihe 3 dan KM Sangihe 4 di tahun anggaran 2017 lalu, yang diperuntukan sebagai kapal penumpang, kini langkah yang sama juga diambil di tahun anggaran 2018 ini.

Kepala Dinas Perhubungan Sangihe Jacky Kumontoy ketika bersua dengan SulutAktual.com menyatakan bahwa di tahun anggaran 2018 ini ada pengadaan kapal penumpang lagi yang bakal diperuntukkan masyarakat Nusa Tabukan.

“Kapal ini akan melayani pelayaran masyarakat antar pulau di Nusa Tabukan ke Petta Tabukan Utara hingga ke Kota Tahuna,” ujar Kumontoy.

Disinggung soal anggaran pembuatan kapal penumpang ini, Kumontoy menyebutkan anggarannya mencapai sekira Rp 3,160 miliar dengan kontruksi panjang kapal mencapai 20 meter lebar 5 meter yang mencapai total keseluruhan sekitar 45 GT.

“Di penghujung tahun anggaran 2018 ini kapal dari fibergllas ini dipastikan selesai dan segera diserahkan ke Nusa Tabukan,” jelas Kumontoy.

Kumontoy juga menyebutkan nantinya pengelolaan operasional kapal ini akan diserahkan ke Kampung dan diakomodir dalam Badan Usahan Milik Desa (BUMDES). “Nantinya pengelolaan operasional kapal penumpang ini akan diserahkan ke BUMDES dimana kampung yang diserahkan sebagai pengelola,” imbuhnya.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here