Job Fair 2018 diharapkan Jadi Solusi Menekan Pengangguran

0
298
Sekda kota Manado, Rum DJ Usulu didampingi Kadisnaker kota Manado, M Nainggolan saat pembukaan Job Fair 2018.

MANADO – Job Fair atau Pameran Bursa Lowongan Kerja 2018 digelar Kamis (22/2/2018) oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) kota Manado. Banyaknya jumlah pengangguran saat ini di kota Manado yang suda mencapai 18.203 orang tentunya menjadi sebuah permasalahan yang menjadi tugas pemerintah untuk mengatasinya. Sebagai salah satu solusi yang diupayakan oleh pemerintah dalam rangka untuk merekrut tenaga kerja maka digelarlah Job Fair 2018 ini.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda kota Manado Rum DJ Usulu mengharapkan agar semua perusahaan yang masih memerlukan pekerja dapat segera melaporkan ke pemerintah kota melalui Disnaker serta menyampaikan kepada masyarakat ada lowongan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan sesuai komeptensi yang dibutuhkan.

“Target kita setiap tahun yaitu angka pengangguran harus diturunkan dari posisi tahun 2017, yang telah mengalami penurunan sekira 4 persen. Posisi tahun 2016 yang paling tertinggi 14 persen dari setiap tahun” tutur Usulu kepada awak media.

Diakui pemerintah telah berhasil menurunkan angka kemiskinan namun tidak berjalan lurus dengan jumlah pengangguran. Hal ini disebabkan adanya perguruan tinggi di Manado sehingga menjadi daerah yang cukup banyak pengangguran.

Selanjutnya menurut Kadisnaker kota Manado, M Nainggolan bahwa Job Fair 2018 ini dilaksanakan untuk mempertemukan secara langsung antara pihak penyedia pekerjaan/perusahaan dengan para pencari pekerjaan.

“Hari ini sebanyak 60 perusahaan yang ikut Job Fair 2018 ini dengan 2.118 lowongan pekerjaan yang tersedia sesuai kompetensi kemampuan yang dibutuhkan. Harapan kami, minimal 50% dari jumlah lowongan dapat terisi dan para pencari pekerja dapat diterima sesuai dengan tingkat pendidikan yang dibutuhkan oleh perusahaan,” jelas Nainggolan.

Job Fair kali ini diselenggarakan selama 1 hari di Hotel Sahid Kawanua Manado, panitia menyediakan waktu hingga pukul 17.00 hari ini. Ratusan pencari pekerjaan pun memadati Hotel Sahid Kawanua.

(Ferdian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here