Sufandi Siwi: Tridharma Tidak Sama Dengan Kong Hu Cu

0
1023
Sufandi Siwi, Ketua Walubi Kota Manado.

MANADO-Tridharma tidak sama dengan Kong Hu Cu. Hal tersebut ditegaskan Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kota Manado Sufandi Siwi. Dia menjelaskan, setiap menjelang Imlek sering kali timbul pemahaman yang keliru dalam pemberitaan. Baik itu berita elektronik maupun berita koran tentang Tridharma dan Kong Hu Cu.

Siwi meminta, berita harus mewartakan sesuatu yang benar dan dapat dipercaya. Sehingga tidak membingungkan para pendengar ataupun pembacanya. Diterangkannya, Tridharma tergabung dalam Majelis Agama Buddha, yakni Majelis Rohaniwan Tridharma Seluruh Indonesia (MARTRISIA).

Dalam Agama Buddha, terdapat 20 Majelis dan 5 Sangha yang terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia. Untuk majelis yaitu,
1. Majelis Budhayana Indonesia (MBI)
2. Majelis Agama Buddha Teravada Indonesia (Magabudhi)
3. Majelis Agama Buddha Tridharma Indonesia (MABTI)
4. Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI)
5. Parisadha Buddha Dharma Nichiren Indonesia (PBDNI)
6. Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia (Mapanbumi)
7. Majelis Agama Buddha Tantrayana Indonesia (Madhatantri)
8. Majelis Umat Buddha Theravada Indonesia (Majabuthi)
9. Majelis Agama Buddha Kasogatan Zenfo Zhang Indonesia
10. Majelis Agama Buddha Mahayana Indonesia (Majubumi)
11. Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia
12. Majelis Mahayana Buddis Indonesia (Mahabudhi)
13. Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI)
14. Majelis Agama Buddha I Kuan Tao Indonesia
15. Majelis Rohaniwan Tridharma Seluruh Indonesia (Martrisia)
16. Majelis Tridharma Indonesia
17. Majelis Agung Penghayat Tridharma Indonesia (MAPI)
18. Majelis Soka Gakai Indonesia
19. Majelis Agama Buddha Tantrayana Indonesia (Majubudti)
20. Lembaga Keagamaan Buddha Indonesia (LKBI)

Dan sangha di antaranya,
1. Konferensi Agung Sangha Indonesia (KASI)
2. Sangha Agung Indonesia (Sangin)
3. Sangha Theravada Indonesia (STI)
4. Sangha Mahayana Indonesia (SMI)
5. Sangha Mahayana Tanah Suci Indonesia

Lanjut Siwi, di dalam Agama Buddha Tridharma meyakini 3 ajaran suci. Yaitu dari Nabi Agung Loa Tze, Nabi Agung Kong Cu, dan Nabi Agung Shidarta Gautama (Sam Kauw). Tempat Ibadat umat Tridharma adalah Tempat Ibadat Tridharma (T.I.TD) atau bahasa keseharian yang populis adalah Klenteng.

Sesuai Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Nomor 43 Tahun 2016, Tempat Ibadat Tridharma (T.I.TD)-Klenteng-San Ciao Miao Ie sebagai Badan Keagamaan Tridharma dibawah Pembinaan Teknis Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha.

“Di Kota Manado terdapat 10 Tempat Ibadat Tridharma (T.I.TD) atau Klenteng, yang dinaungi oleh Majelis Rohaniwan Tridharma Martrisia,” sebut Siwi.

Masing-masing adalah
1. T.I.TD Ban Hing Kiong
2. T.I.TD Tiong Tan Li Goan Swee
3. T.I.TD Kwan Seng Ta Tie/Kwan Kong
4. T.I.TD Hian Thian Siang Tee
5. T.I.TD Altar Agung
6. T.I.TD Istana Agung Tua
7. T.I.TD Hok Tek Cin Sin
8. T.I.TD Lo Tjia Miao
9. T.I.TD Kwan Seng Bio
10. T.I.TD Seng Kong Bio

Upacara sembahyang puncak setelah perayaan Imlek adalah Goan Siao. Dilaksanakan tepat lima belas hari setelah Sinchia. Tahun ini, tanggal 2 Maret 2018 merupakan hari perayaan upacara Goan Siao. Goan Siao adalah upacara sembahyang terbesar dari umat Tridharma. Diawali dengan upacara sembahyang di dalam Klenteng, kemudian keluar mengelilingi pecinan dengan usungan suci Kio dan Tang Sin. Bahasa populis yang ada di masyarakat Manado untuk upacara sembahyang Goan Siao yaitu Pasiar Toapekong atau Pasiar Tapikong.

Hari itu juga (lima belas hari setelah Sinchia) dapat diperingati sebagai hari Maga Puja dan Cap Go Me. Maga Puja adalah peristiwa dimana berkumpulnya 1.250 bikhu secara serempak di Vihara Weluana untuk mendengar khotbah Sang Buddha. Dan Cap Go Me adalah perayaan pesta lentera menyambut purnama pertama.

Agama Kong Hu Cu, ujar Siwi, adalah agama keenam yang diakui oleh pemerintah Indonesia. Majelis yang menaungi Agama Kong Hu Cu adalah Majelis Agama Kong Hu Cu (Makin). Rumah Ibadatnya adalah Lithang.

“Jadi sangat jelas benang merah yang membedakan Tridharma dengan Kong Hu Cu. Walaupun di dalam Tridharma ada ajaran suci Nabi Agung Kong Cu, namun di dalam Kong Hu Cu tidak ada ajaran Nabi Agung Sidharta Gautama dan Nabi Agung Los Tze. Jadi jelas upacara Goan Siao adalah murni upacara sembahyang dari umat Tridharma,” pungkas Siwi.

(Harry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here