Najoan: Pemkab Minut Bakal Berikan Bantuan Hukum Bagi Warga Tak Mampu

0
105
Kepala Bagian Hukum Pemkab Minut Bobby Najoan.

MINUT– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) bakal memberikan bantuan hukum bagi warga Minut, terlebih khusus bagi warga yang kurang mampu.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bagian Hukum Pemkab Minut Bobby Najoan kepada sulutaktual.com saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/2/2018) siang.

Menurutnya, hasil dari Rapat Paripurna antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minut bersama Pemkab Minut beberapa waktu lalu, telah menetapkan 16 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) tahun 2018. Dan salah satunya adalah Ranperda tentang Bantuan Hukum HAM.

“Ranperda tentang Bantuan Hukum HAM sudah ditetapkan dalam prolegda, dan tinggal menunggu tahapan pembahasan di DPRD Minut,” terangnya.

Najoan pun membeberkan sedikit mengenai alasan mengenai usulan untuk membuat Perda Bantuan Hukum HAM ini.

“Ranperda Bantuan Hukum HAM ini merupakan usulan dari Pemkab Minut yang intinya adalah untuk memberikan pendampingan serta bantuan hukum bagi warga Minut. Hal ini didasari karena masih banyaknya warga yang kurang mampu di Minut yang terabaikan atau terjadi pembiaran karena kondisi ekonomi yang kurang mapan,” tukas Najoan.

Untuk itu lanjut Kabaghukum, dirancangnya suatu peraturan mengenai bantuan hukum dan HAM bagi warga Minut.

“Jadi intinya disini adalah keberpihakan Pemkab Minut bagi warganya dalam memberikan kepastian serta jaminan pendampingan hukum.

Lebih lanjut Najoan menguraikan, bahwa Pemkab Minut dalam memberikan jaminan kepastian dan pendampingan hukum bagi warga Minut nantinya, salah satunya adalah berupa advokasi hukum dengan menyiapkan pengacara, dan bantuan sampai ketingkat pengadilan.

Untuk diketahui, Ranperda tentang Bantuan Hukum dan HAM masih menunggu pembahasan di tingkat legislatif. Warga Minut harus bersabar sampai Ranperda ini segera dibahas dan berlanjut sampai dengan ditetapkan sebagi Peraturan Daerah. Jadi dukungan dari warga Minut dan tentu saja kinerja baik dari anggota DPRD Minut sangat diharapkan agar rencana produk hukum ini bisa segera terealisasi demi memberikan jaminan dan pendampingan hukum bagi warga Minut.

(Budi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here