Pjs Kapitalaung Kalama Diduga Tilep Ratusan Juta Bagi Hasil Sarang Walet

0
326
Ketua MTK Kampung Kalama Roban Sonix Meau.

TAHUNA -Pembagian hasil panen sarang burut walet tahun 2017 yang menjadi bagian masyarakat Kampung Kalama Kecamatan Tatoareng diduga ditilep oknum Pejabat Sementara (Pjs) Kapitalaung setempat. Hal ini mencuat ketika sejumlah warga Kampung Kalama yang dipimpin Ketua Majelis Tua Kampung (MTK) Kalama Roban Sonix Meau mendatangi Kantor DPRD dan bertemu Ketua DPRD Sangihe Benhur Takasihaeng.

Dalam pertemua  dengan Ketua DPRD tersebut Meau menyatakan bahwa pelaksanaan dua kali panen sarang walet tahun 2017 lalu untuk pembagian hasil bagi masyarakat yang punya hak menerima belum juga diserahkan.

“Dalam pembagian hasil tersebut ada hak sejumlah masyarakat yang harus diterima secara perorangan, namun hingga bulan kedua tahun 2018 ini pembagian hasil tersebut belum juga diserahkan oleh Pjs Kapitalaung Kalama ke masyarakat yang berhak,” ujar Meau.

Bahkan lanjut Meau menyatakan sudah beberapa kali pihaknya menanyakan ke Pjs Kapitalaung tetapi jawaban yang bersangkutan justru kerap menyatakan dananya belum ada dari Pemkab.

“Mulai alasan dananya belum dibayarkan Pemkab Sangihe hingga dananya sudah habis menjadi jawaban Pjs Kapitalaung,” jelasnya kembali seraya menyatakan bahwa ada dugaan dana tersebut ditilep oknum Pjs Kapitalaung.

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Pemkab Sangihe Femmy Montang dihubungi terpisah menyatakan  bahwa dana bagi hasil sarang walet yang menjadi hak warga Kampung Kalama sudah ditransfer dari kas daerah ke rekening Kampung Kalama sejak 27 November 2017 lalu.

“Dana bagi hasil sarang walet untuk warga Kalama sudah ditransfer dari rekening Pemkab ke rekening Kampung Kalama senilai Rp 114 juta. Dan sudah ditransfer sejak 27 November 2017 lalu,” singkat Montang.

(sam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here